Apa Itu Cryptocurrency? Berikut Penjelasan dan Jenis-jenisnya

oleh -125 Dilihat
Aset Kripto
Ilustrasi Aset Kripto

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms
TABLOID CRYPTO – Di antara kalian mungkin sudah mendengar dengan istilah Bitcoin, ataupun kripto. Namun, ada juga yang belum mengenal kedua istilah tersebut. Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang banyak diperbincangkan di masyarakat.

Lalu, apa itu Cryptocurrency? Berikut penjelasan dan jenis-jenisnya.

Bersumber dari kanal youtube kemkominfo TV, Mata uang kripto atau cryptocurrency, ialah sebuah aset digital yang dirancang untuk media pertukaran menggunakan kriptografi.

BACA JUGA : Disikat Xi Jinping, Penambang Bitcoin Malah Tambah Cuan

Dalam pengamanan transaksi keuangan, Kriptografi ini sangat kuat, memverifikasi transfer aset, dan juga untuk mengontrol perciptaan unit tambahan.

Meski mata uang ini digunakan untuk alat pertukaran, uang kripto di Indonesia tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Awal mula munculnya Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto sudah dikenal sejak tahun 1998 yang digagas oleh Wei Dai. Namun pada tahun tersebut sistem kripto belum bisa diimplementasikan karena pengguna bisa menduplikasi mata uang karena tidak adanya catatan transaksi.

Mengutip dari kanal YouTube Kominfo, tahun 2008 lalu mengenai pengembang yang bernama samaran Satoshi Nakamoto yang dapat menyelesaikan permasalahan ini. Di tahun berikutnya, mata uang Bitcoin kripto dengan teknologi blockchain pertama kali diluncurkan.

BACA JUGA : Analis Bitcoin: Sinyal Bullish Semakin Jelas dan Kuat

Bitcoin saat ini menjadi salah satu mata uang paling populer dan digemari oleh masyarakat yang tertarik dengan cryptocurrency. Setiap orang yang menggunakan mata uang kripto memiliki nomor rekening seperti halnya nomor rekening bank.

Nomor rekening ini dinamakan public key, untuk kata sandinya dinamakan stream key. Dengan dua hal inilah mata uang kripto memiliki ilmu yang bernama cryptography yang memungkinkan untuk tidak bisa di hack oleh orang lain.

Sumber : viva.co.id

banner3

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *