MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » DOGE Menjadi Indikator Musim Alt Coin, Begini Penjelasannya

DOGE Menjadi Indikator Musim Alt Coin, Begini Penjelasannya

Ilustrasi : Dogecoin

TABLOID CRYPTO – Dalam beberapa bulan ke belakang Dogecoin (DOGE) seakan mencuri panggung pasar mata uang kripto. Sangat beralasan, mengapa koin meme ini menjadi koin yang sangat menguntungkan akhir-akhir ini.

Selama 90 hari ke belakang, DOGE telah membukukan keuntungan sekitar 1.441,6%. Kapitalisasi pasarnya pun melonjak berkali-kali lipat. Bahkan, saat ini DOGE masuk jajaran 4 besar koin paling bernilai versi coinmarketcap.

Bahkan, lebih dari itu, Doge sejak 2020 menjadi salah satu indikator musim alt coin atau alt season. Alt season ini merupakan fenomena di mana 50 koin atau aset kripto mengalami kenaikan dibandingkan Bitcoin.

Baca juga : Ethereum dan Dogecoin Sentuh Level Tertinggi, Simak Prediksi Selanjutnya

Berdasarkan analisis histori yang dibuat oleh Cointelegraph, sejak pertengahan tahun 2020, DOGE selalu menjadi indikator bakal terjadinya musim alt coin.

Hal tersebut terpantau sejak 7 Juli 2020. Di mana saat itu DOGE membukukan keuntungannya sebesar 73% dalam waktu kurang dari 36 jam. Setelah itu, nilai altcoin mulai melonjak meskipun tidak berlangsung lama. Saat itu, kapitalisasi pasar altcoin naik dari $ 105 miliar menjadi $ 130 miliar, yang merupakan peningkatan 24% hanya dalam 10 hari.

 

Indikator lainnya adalah saat DOGE pump hingga 182% di awal tahun 2021.  Sekitar 36 jam kemudian, kapitalisasi pasar altcoin memulai reli 50%, meningkatkannya menjadi $ 340 miliar.

Efek yang lebih substansial terjadi pada 18 Januari, karena koin meme ini naik lebih dari 1.000%. Tiga hari kemudian, kapitalisasi pasar altcoin memulai reli 60% menjadi $ 560 miliar.

Meskipun demikian, DOGE tetap menjadi koin yang tidak memiliki fundamental yang baik. Sejak diciptakan pada tahun 2013 hingga saat ini pengembang DOGE tidak memiliki proyek pengembangan yang signifikan pada ekosistem koin ini.

Baca juga : Efek Elon Musk, Harga Dogecoin Capai Titik Tertinggi Baru Sepanjang Masa

Tren DOGE saat ini hanya berlandaskan pada ketenarannya yang didukung oleh kelompok yang fanatik. Ditambah, DOGE memiliki “big fans” yakni Elon Musk.

Sumber : news.tokocrypto.com