MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Ethereum Tembus Rekor, Investor Beralih dari Bitcoin?

Ethereum Tembus Rekor, Investor Beralih dari Bitcoin?

Ilustrasi Ethereum

TABLOID CRYPTO – Ethereum, salah satu jenis mata uang digital atau cryptocurrency, mengukir rekor tertinggi, sementara bitcoin terkoreksi pada perdagangan Kamis (29/4/2021).

Menurut data Coin Metrics, bitcoin turun 1,71% ke US$ 54.081,39, ethereum naik 1,44% ke US$ 2.772, XRP naik 2,15% ke US$ 1,39, litecoin naik 0,81% ke US$ 259,14, dan bitcoin cash naik 0,36% ke US$ 893,77.

Ether melesat setelah European Investment Bank pada Rabu kemarin mengumumkan akan mengeluarkan obligasi digital di blockchain ethereum. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa ethereum semakin diterima di kalangan institusi keuangan besar.

Baca juga : Indef Sebut Mayoritas Investor Bitcoin di RI Generasi Milenial dan Risk Lover

Simon Peters, analis kripto dari eToro, mengatakan investor saat ini tengah melakukan diversifikasi aset digital mereka dan ethereum adalah pilihan yang logis karena memiliki kapitalisasi pasar terbesar kedua setelah bitcoin.

Bitcoin saat ini sekitar 16% lebih rendah dari level tertingginya di US$ 65.000 awal bulan ini. Meski demikian, bitcoin masih menguat 90% secara year to date. Menguatnya bitcoin ditopang oleh kepercayaan investor institusional dan perusahaan besar seperti Tesla.

Rabu lalu, dogecoin naik 20% ke 32 sen akibat tweet dari CEO Tesla Elon Musk dan pengusaha dan pemilik klub basket Dallas Mavericks Mark Cuban.

Baca juga : Harga Aset Kripto Menggila, Bagaimana di Indonesia?

Meskipun cryptocurrency semakin populer belakangan ini, tetapi beberapa pelaku pasar keuangan memperingatkan akan bahaya gelembung spekuluasi kripto.

Stephen Isaacs, kepala komite investasi dari Alvine Capital, mengatakan gelembung bitcoin akan meletus dan penyebabnya adalah pengetatan regulasi dan perubahan iklim. Aktivitas menambang bitcoin menghabiskan energi yang luar biasa sehingga berdampak buruk pada lingkungan.

Sumber : beritasatu.com