MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Kalahkan Bitcoin, Ripple Diprediksi Bakal Meroket Cetak Rekor

Kalahkan Bitcoin, Ripple Diprediksi Bakal Meroket Cetak Rekor

Foto: RIPPLE/CNBC

TABLOID CRYPTO – Mata uang kripto, bitcoin, masih berada di level tinggi dan kembali ke atas US$ 60.000/BTC. Sepanjang pekan lalu, bitcoin mampu membukukan penguatan 3,8%. Namun, kenaikan tersebut menjadi sangat kecil jika dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya, yakni ripple (XRP).

Melansir data Refinitiv, sepanjang pekan lalu XRP meroket 122% ke US$ 1,352/XRP, dan berlanjut hingga hari ini, Selasa (13/4/2021), ripple diperdagangkan di atas US$ 1,44/XRP.

Ripple baru meroket di awal tahun ini merespon pernyataan hakim dalam kasus hukumnya dengan Security and Exchange Commission (SEC). SEC dalam hal ini menuntut perusahaan Ripple Lab karena menjual XRP tanpa didaftarkan sebagai sekuritas atau perusahaan meminta pengecualian.

Akibat kasus yang dihadapi tersebut, banyak bursa kripto yang menghentikan sementara perdagangan XRP.

 

 

SEC pada dasarnya melihat XRP sebagai sekuritas, sehingga harus didaftarkan terlebih dahulu sebelum dijual. Namun, hakim dalam kasus ini melihat XRP sebagai mata uang yang berbeda dengan bitcoin atau ethereum atau mata uang kripto lainnya.

“Menurut pemahaman saya, XRP tidak hanya hanya memiliki nilai seperti mata uang, tetapi juga kegunaan, dan kegunaan itu berbeda dengan bitcoin ataupun ethereum,” kata hakim Sarah Netburn, sebagaimana dikutip CoinDesk, Senin (22/3/2021).

Sejak saat, harga ripple terus meroket hingga 150% pada hari Minggu kemarin, puncaknya tentu pada pekan lalu ketika melesat 120%. Kenaikan dalam sepekan tersebut menjadi yang terbesar sejak Desember 2017.

Pelaku pasar melihat Ripple Labs akan memenangkan kasusnya dengan SEC yang membuat harganya terus menanjak. Selain itu, bursa kritpo yang sebelumnya menghentikan sementara perdagangan XRP juga diperkirakan akan segera membuka kembali jual beli tersebut. Harga ripple pun terus menanjak, bahkan diprediksi akan memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa.

Peter Brandt, CEO dari Factor LLC yang berpengalaman dalam pasar komoditas memprediksi harga XRP akan terus menanjak hingga memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa dalam beberapa bulan ke depan. Brandt melihat secara teknikal pada grafik mingguan, XRP membentuk pola inverted head and shoulder, yang menjadi sinyal penguatan harga.

“Pola itu mengindikasikan harga akan meroket ke rekor tertinggi sepanjang masa,” kata Bradt dalam cuitannya di Twitter, sebagaimana dikutip Coin Desk, Senin (12/4/2021).

Berdasarkan data Coin Market Cap, rekor tertinggi XRP berada di US$ 2,53 yang dicapai pada Januari 2018.

 

Sumber : cnbcindonesia.com