MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Mitigasi Risiko Investasi Bitcoin dengan Uang Dingin

Mitigasi Risiko Investasi Bitcoin dengan Uang Dingin

Crypto News – Saat ini, Bitcoin adalah aset kripto dengan nilai paling tinggi. Investasi Bitcoin menunjukkan keuntungan dalam jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Pada tahun 2020, harga 1 Bitcoin berada di kisaran 9.000 dollar AS, dan saat artikel ini ditulis, 1 BTC dipertukarkan di kisaran 30.000 dollar AS.

Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 3 kali lipat dalam kurun waktu dua tahun. Tak heran kalau investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya kian banyak peminatnya.

Bappebti juga mencatat kalau di Februari 2022, ada sekitar 12,4 juta investor kripto di Indonesia. Jumlah tersebut naik signifikan dari 2021, yang “hanya” 4,5 juta investor kripto.

Baca Juga : Apa Itu Bitcoin? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Potensi keuntungan kripto, bisa jadi pedang bermata dua. Di satu sisi, optimisme masyarakat terhadap masa depan aset kripto bisa meningkat. Namun di sisi lain, tak sedikit yang tergiur ekspektasi untung besar dalam waktu singkat, sehingga rentan mengambil keputusan dengan gegabah.

Mitos Bitcoin adalah sumber untung besar dan cepat

Mungkin, Anda pernah atau bahkan sering mendengar ada orang yang mengalami stres bahkan depresi, karena kehilangan uang yang cukup besar akibat kerugian saat investasi.

Hal tersebut sebetulnya bisa dihindari, karena investasi yang sehat itu seharusnya menjadi jaring pengaman Anda di masa depan, bukan justru menimbulkan masalah keuangan dalam hidup Anda.

Sayangnya, orang sering lupa bahwa setiap instrumen investasi pasti memiliki risiko kerugiannya masing-masing, dan untung besar dalam semalam hanyalah mitos belaka.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan rencana dan melakukan riset yang matang sebelum mulai investasi Bitcoin. Tentukan batasan dana yang akan Anda gunakan untuk investasi, dan jangan sampai jumlah dana tersebut akan mengganggu biaya hidup Anda yang bersifat pokok.

Selalu gunakan uang dingin

Dalam berinvestasi, akan lebih aman jika Anda menggunakan uang dingin. Bisa dibilang, uang dingin ini adalah “uang nganggur”, atau sisa dana yang tidak terpakai setelah pemasukan Anda dikurangi semua biaya pokok seperti uang belanja, cicilan atau biaya sewa tempat tinggal, biaya sekolah anak, asuransi, tabungan, dan sebagainya.

Ingat, jangan sampai modal untuk investasi Anda menyentuh biaya pokok bulanan yang sudah ditetapkan jumlahnya setiap bulan.

Kalau investasi Anda merugi, tentu dampaknya akan terasa secara langsung terhadap cashflow Anda. Jangan sampai Anda jadi harus berutang untuk menambal kekurangan dana yang Anda miliki.

Selain itu, perlu juga diingat untuk tidak langsung berinvestasi dalam jumlah besar. Anda bisa memecah modal investasi Anda ke beberapa aset atau instrumen investasi. Anda juga bisa menyisihkan modal sedikit demi sedikit, sehingga jika terjadi kerugian, maka efeknya tidak terlalu parah.

Bitcoin adalah aset yang tak perlu modal besar

Sebetulnya Anda tidak perlu dana besar untuk investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya. Sedikit demi sedikit tapi konsisten, maka lama-lama Anda akan bisa menikmati hasilnya.

Apalagi, sekarang sudah banyak tersedia platform crypto exchange yang memungkinkan Anda untuk mulai investasi dengan modal kecil. Salah satunya adalah Luno Indonesia, yang bisa diakses melalui aplikasi mobile ataupun website.

Baca Juga : Awal Pekan, Bitcoin Berhasil Rebound

Luno memungkinkan Anda untuk investasi Bitcoin mulai dari Rp25.000 saja. Jumlah ini kurang lebih setara dengan segelas es kopi susu. Dari pada harus menyediakan dana besar untuk berinvestasi, mungkin Anda bisa mulai dari menyisihkan uang jajan es kopi susu setiap minggu untuk investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya.

Selain itu, biaya langganan di Luno juga cukup terjangkau, hanya 1,1 persen. Bagi Anda yang masih pemula, Anda tak perlu khawatir karena fitur yang tersedia di platform Luno cukup mudah dipahami untuk pemula. Luno Indonesia juga sudah terdaftar di Bappebti, sehingga terjamin legalitas dan keamanannya.

Sumber : kompas.id

Berlangganan Tabloid Crypto
SimpleWordPress