Panas Dingin Ternak Duit Kripto (2) – B-TALK

oleh -45 Dilihat
maxresdefault 1 e1621611401299

28947453 1946344415408060 1269250274475686100 o

CRYPTO TV – Apa rasanya dapat rezeki nomplok. Beli barang dua juta rupiah, sekarang nilainya sempat menyudul satu miliar rupiah. Mendadak jadi orang kaya baru? Saya sedang menggambarkan penambang uang kripto yang bersabar, sampai akhirnya cuan besar. 14 april lalu, harga bitcoin melejit dan bikin “ngelus dada”.

1 miliar bosssss siapa yang nggak ngiler!!! Ini yang bikin heboh. Enggak hanya bitcoin tetapi ada aset kripto lainnya, yang juga mendadak naik pamor yaitu dogecoin. Gara-garanya yang punya tesla yaitu Elon Musk, ngompor-ngomporin. Doge menggonggong di bulan katanya.

Apa spesialnya aset kripto ini sih? Sebelum saya jelaskan apa itu, lihat dulu harga-harga fantastis. Kalau anda beli bitcoin tahun 2013, satu koinnnya bernilai Rp 1,9 Juta saja.

Awal munculnya banyak yang skeptis, siapa sangka tahun ini adalah tahunnya duit kripto. 14 April harga bitcoin hampir menembus 1 miliar rupiah per koin atau BTC, tepatnya 949 juta rupiah. Kapitalisasi marketnya di dunia juga menggembung subur, sampai $1,5 triliun.

Tetapi dalam hitungan hari, nilai aset bitcoin anjlok ke 796 juta rupiah, ini angka yang saya tengok tadi pagi. Ingat, pasar duit kripto ini bergerak 24 jam.

Jadi aset kripto adalah, uang digital yang terdiri dari sandi-sandi keamanan. Fisiknya tidak ada, karena memang murni digital.

Transaksi dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. Tetapi, semua transaksi yang dilakukan, tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan aset kripto.

Berbeda dengan saham yang punya perusahaan fisik, kita bisa cek fundamentalnya, prospek bisnisnya, sampai valuasi. Inilah yang sering membuat orang bingung, kenapa bitcoin atau dogecoin bisa tiba-tiba naik-bisa tiba-tiba anjlok. Karena harganya terbentuk berdasarkan permintaan dan ketersediaan.

Ini linechart yang kami ambil tadi pagi. Senin pukul 10.09 waktu indonesia barat, 1 btc dihargai 52 ribu 126 dollar.

Kemudian di jam yang sama selasa, harganya 53 ribu 818. Ada selisih seribu 692 dollar, atau dalam sehari harganya beda 24 koma 5 juta rupiah. Angka yang mustahil terjadi pada sebuah saham. Ini cerita manisnya, grafis sebelumnya menggambarkan, harga bitcoin juga anjlok ratusan juta rupiah, hanya dalam waktu tak sampai dua pekan. Beli 900 juta eh tiba-tiba sekarang 700an. Boncos abisss.

Kesimpulannya, silakan demam kripto. Selagi finansial mampu dan itu uang bebas, sikattt. Tetapi, jangan sampai mabuk kebayang karena risikonya tak main-main.

Panas dingin ternak duit kipto, perlindungan investor ada di mana? Business talk tak pernah setengah-setengan menjadi rujukan pembuat kebijakan, dunia usaha sampai penentu kesehjateraan individu.

Sumber : KOMPASTV

Selanjutnya : Panas Dingin Ternak Duit Kripto (3) – B-TALK

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *