MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Platform Jual-Beli Bitcoin akan Melantai di Wall Street

Platform Jual-Beli Bitcoin akan Melantai di Wall Street

Platform jual-beli uang kripto Coinbase akan menjadi perusahaan cryptocurrency pertama yang mencatatkan sahamnya di Wall Street. Ilustrasi. (AFP/SPENCER PLATT).

TABLOID CRYPTO – Platform jual-beli uang kripto Coinbase menjadi perusahaan cryptocurrency pertama yang mencatatkan sahamnya di Wall Street. Coinbase akan terdaftar dengan kode COIN.

Perkiraan nilai IPO masih bervariasi tergantung dengan metode penghitungan, tetapi kapitalisasi perusahaan diperkirakan mencapai US$70 juta hingga US$100 juta. Ini akan menjadi salah satu IPO terbesar sejak IPO Facebook pada 2012.

Coinbase memilih daftar langsung, yang tidak memungkinkannya mengumpulkan dana baru tetapi menawarkan pemegang saham saat ini, pendiri, karyawan, dan investor historis kesempatan untuk menjual saham mereka di pasar.

Spotify, Slack, Palantir dan Roblox juga telah menggunakan metode ini untuk debut Wall Street mereka. Hampir 115 juta saham Coinbase akan ditempatkan di pasar. Harga referensi mereka akan diumumkan Selasa malam.

Sejarah Coinbase

Didirikan pada 2012 di San Francisco oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam, platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual sekitar 50 cryptocurrency, termasuk bitcoin dan eter.

Coinbase mengklaim 56 juta total pengguna dan sedikit lebih dari enam juta orang melakukan transaksi setiap bulan. Hasil ini didapatkan dari kuartal pertama, yang dirilis pada awal April.

Perusahaan telah mendapat keuntungan dari kenaikan meteorik bitcoin selama setahun terakhir, dengan harga aset kripto naik dari US$6.500 April lalu menjadi lebih dari US$61.000 pada pertengahan Maret 2021.

Setelah cryptocurrency berkuasa, mata uang virtual lainnya seperti ether, Litecoin atau Stellar Lumens uga melonjak.

“Dengan bitcoin yang sudah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam enam bulan terakhir dan cryptocurrency menjadi lebih populer dengan lebih banyak investor arus utama, tentu dapat dikatakan bahwa crypto telah menjadi lebih utama dalam 12 bulan terakhir,” kata Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets Inggris.

Sebagai hasil dari lonjakan uang kripto, pendapatan Coinbase telah meningkat hampir sepuluh kali lipat dalam setahun menjadi US$1,8 miliar pada kuartal pertama. Keuntungannya meningkat 25 kali lipat, di kisaran US$730 hingga US$800 juta.