Mengenal Koin Kripto Polygon (MATIC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

oleh -160 Dilihat
kenapa matic naik
Ilustrasi Mengenal Koin Kripto Polygon (MATIC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

bannerbudi 9

Tabloid Crypto – Koin kripto atau cryptocurrency telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu koin kripto yang semakin banyak diperbincangkan adalah Polygon (MATIC).

Namun, masih banyak orang yang belum mengenal koin kripto ini dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang koin kripto Polygon (MATIC), termasuk apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungannya.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Pepe (PEPE): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Apa itu Polygon (MATIC)?

Polygon (MATIC) adalah salah satu koin kripto yang berbasis di India. Koin ini awalnya dikenal sebagai Matic Network, namun kemudian berganti nama menjadi Polygon pada tahun 2021. Polygon adalah platform blockchain yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan mengelola aplikasi terdesentralisasi (dApps) dengan lebih efisien dan murah.

Polygon menggunakan teknologi sidechain untuk meningkatkan skalabilitas dan kecepatan transaksi di blockchain Ethereum. Dengan menggunakan sidechain, transaksi dapat diproses secara paralel dan tidak perlu menunggu konfirmasi dari blockchain utama. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih cepat dan biaya transaksi menjadi lebih rendah.

Bagaimana Cara Kerja Polygon (MATIC)?

Polygon menggunakan dua jenis sidechain, yaitu sidechain Plasma dan sidechain POS (Proof of Stake). Sidechain Plasma digunakan untuk memproses transaksi secara paralel dan mengurangi beban pada blockchain utama. Sedangkan sidechain POS digunakan untuk memvalidasi transaksi dan memastikan keamanan jaringan.

Pengguna dapat membeli dan menyimpan koin MATIC di berbagai platform pertukaran kripto. Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh koin MATIC melalui proses yang disebut staking. Dengan staking, pengguna dapat menyimpan koin MATIC mereka di dalam dompet dan mendapatkan imbal hasil sebagai imbalan atas kontribusi mereka dalam memvalidasi transaksi di jaringan.

Apa Keuntungan dari Polygon (MATIC)?

Salah satu keuntungan utama dari Polygon (MATIC) adalah skalabilitasnya yang tinggi. Dengan menggunakan sidechain, transaksi dapat diproses secara paralel dan tidak perlu menunggu konfirmasi dari blockchain utama. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih cepat dan biaya transaksi menjadi lebih rendah.

Selain itu, Polygon juga menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan blockchain Ethereum. Hal ini membuatnya lebih menarik bagi pengembang aplikasi yang ingin membangun dApps di atas blockchain.

Selain itu, Polygon juga menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk memproses transaksi dengan berbagai jenis koin kripto, bukan hanya Ethereum saja. Hal ini membuat pengguna dapat memilih koin yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Polygon (MATIC) adalah salah satu koin kripto yang menarik untuk diperhatikan. Dengan menggunakan teknologi sidechain, koin ini menawarkan skalabilitas yang tinggi, biaya transaksi yang rendah, dan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, seperti halnya dengan investasi kripto lainnya, penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terkait sebelum memutuskan untuk berinvestasi. (red/tc)

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto NEAR Protocol (NEAR): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

FAQs

  1. Apakah Polygon (MATIC) aman untuk diinvestasikan?
    Polygon (MATIC) adalah salah satu koin kripto yang cukup populer dan telah terbukti memiliki teknologi yang solid. Namun, seperti halnya dengan investasi kripto lainnya, risiko selalu ada. Penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terkait sebelum memutuskan untuk berinvestasi.
  2. Apakah Polygon (MATIC) hanya dapat digunakan untuk membangun dApps?
    Tidak, Polygon (MATIC) juga dapat digunakan untuk memproses transaksi dengan berbagai jenis koin kripto.
  3. Apakah ada batasan dalam jumlah koin MATIC yang dapat di-stake?
    Tidak, pengguna dapat menyimpan sebanyak mungkin koin MATIC yang mereka inginkan di dalam dompet dan mendapatkan imbal hasil sebagai imbalan atas kontribusi mereka dalam memvalidasi transaksi di jaringan.
  4. Apakah Polygon (MATIC) hanya dapat dibeli di platform pertukaran kripto?
    Tidak, pengguna juga dapat memperoleh koin MATIC melalui proses staking.
  5. Apakah Polygon (MATIC) memiliki rencana pengembangan di masa depan?
    Ya, Polygon (MATIC) terus mengembangkan teknologi dan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menarik lebih banyak pengembang untuk membangun dApps di atas blockchain mereka.

Berlangganan Tabloid Crypto

Triv Banner jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *