Tenangkan Massa, Binance Tawarkan Bukti Saldo Bitcoin

oleh -87 Dilihat
Foto: Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance AP/
Foto: Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance AP/

1599719601191
Crypto News – Binance, bursa kripto terbesar di dunia, menawarkan program baru yang akan memberikan bukti saldo Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) saat ini kepada semua investor kripto.

Tujuan program tersebut adalah menyoroti isu transparansi dan menunjukkan Binance berbeda dengan FTX. FTX adalah bursa kripto yang meluncur pada tahun 2019 dan sempat disebut sebagai anak emas oleh komunitas kripto.

Sam Bankman-Fried, pendiri dan CEO FTX, dipandang sebagai sosok jenius dikarenakan berhasil menjadikan FTX sebagai bursa besar global hanya dalam waktu tiga tahun.

Baca Juga : Tiga Aset Kripto Ini Masuk Daftar Layak Pantau pada Januari 2023

Ketika FTX dikabarkan memiliki permasalahan neraca keuangan pada awal November lalu, Binance berencana melakukan akuisisi. Tetapi kemudian rencana tersebut dibatalkan dengan alasan FTX tidak lolos uji kelayakan yang dilakukan bursa yang dipimpin oleh Changpeng Zhao tersebut.

FTX tertangkap tidak memiliki dana nasabah sesuai laporan keuangan. Sebab itu, para investor kripto berbondong-bondong menarik dana keluar dari berbagai bursa, termasuk dari Binance.

Menyusul peristiwa tersebut yang berujung kepada penarikan dana besar-besaran oleh nasabah FTX sehingga FTX bangkrut, Binance ingin membuktikan bahwa pihak mereka masih dapat dipercaya.

Bursa kripto tersebut menegaskan jumlah saldo BTC dan ETH dalam simpanan. Tidak hanya itu, Binance berkata memiliki saldo yang melampaui total dana milik nasabah, dan bukti saldo tersebut akan diterbitkan dalam waktu dekat.

“Ketika berbicara proof of reserve atau bukti saldo, kami merujuk kepada aset yang kami simpan atas nama nasabah. Ini berarti kami menunjukkan bukti bahwa Binance menanggung semua aset nasabah dengan perbandingan 1:1 ditambah saldo lainnya,” jelas Binance, dikutip dari Live Bitcoin News.

Binance merilis bukti yang menunjukkan mereka memiliki 582 ribu BTC dalam simpanan. 572 ribu BTC yang disimpan dimiliki oleh individu nasabah.

Baca Juga : Breaking News – Australia Menjadi Pusat ATM kripto Terbesar Keempat di Dunia!

Hal ini berarti bursa tersebut telah memiliki dana cukup untuk memenuhi semua dana nasabah dan potensi kerugian bila terjadi serta sedikit dana ekstra.

Kendati laporan bukti tersebut merupakan usaha yang positif dari Binance, sejumlah investor kripto tetap berpendapat hal itu tidak cukup. Menanggapi sentimen tersebut, Binance memberikan cara agar individu nasabah dapat memverifikasi data tersebut secara mandiri.

Bagi nasabah yang ingin membuktikan keberadaan dana secara independen, mereka dapat mengunduh source code ke aplikasi Python dan melakukan konfirmasi mandiri.

Sumber : blockchainmedia.com

Berlangganan Tabloid Crypto
DEX LOGO BLUE HD
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *