Tabloid Crypto

MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Asosiasi Perbankan Amerika Sebut Perusahaan Kripto Harus Diatur Seperti Bank

Mata Uang Kripto

Ilustrasi representasi mata uang kripto.

1599719601191

Crypto News – Presiden dan CEO American Bankers Association, Rob Nichols mengungkapkan runtuhnya pertukaran kripto FTX baru-baru ini menunjukkan pasar cryptocurrency membutuhkan regulasi seperti bank.

Gejolak baru-baru ini di sektor kripto, termasuk krisis likuiditas FTX yang tiba-tiba dan keruntuhan yang spektakuler, telah memperbarui konsep penipuan ‘bank run’. Tapi kali ini, pelariannya sama sekali tidak terjadi di perusahaan perbankan.

Baca Juga : Cerita ‘Gaji Bitcoin’ Wakil Rakyat Belgia

Sebaliknya, banyak pelanggan aset kripto memiliki akun di perusahaan kripto nonbank. Ketika perusahaan bangkrut, pelanggan menemukan penarikan dana mereka melambat dan kemudian dibekukan oleh perusahaan dalam upaya putus asa untuk tetap mampu membayar.

Pelanggan terpaksa menonton tanpa daya saat akun mereka anjlok hingga nol. Ini sangat mirip dengan apa yang terjadi di perusahaan keuangan nonbank selama krisis keuangan 2008 dan akan terjadi ketika pandemi 2020 melanda jika Fed tidak bertindak secepat itu.

Baca Juga : 6 Kripto Berpotensi BULLISH Karena Upgrade Shanghai ETHEREUM!

“Krisis keuangan telah membuktikan sektor nonbank bukan sekadar pemain pinggiran dalam sistem keuangan global kita; mereka sangat penting dan sangat terkait dengan sistem perbankan dan ekonomi dan dapat mengancam stabilitas keuangan,” ujar Nichols, dikutip dari CNBC, Rabu, 11 Januari 2023.

Sumber : liputan6.com

Berlangganan Tabloid Crypto

unnamed 1

Cloud Hosting Indonesia