Dunia Kripto Dikatakan Membutuhkan Perempuan untuk Pemimpin

oleh -74 Dilihat
Token Kripto Pesohor Indonesia
Ilustrasi Token Kripto

Tokocrypto banner1 jpg

Tabloid Crypto – Gracy Chen, CEO Bitget, mengatakan bahwa perempuan atau wanita harus menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk inovasi dan lebih hemat uang, yang merupakan hal yang dibutuhkan industri ini.

Kata-kata dan aplikasi baru yang didukung oleh teknologi blockchain, seperti mata uang kripto, NFT, metaverse, dan DeFi, menunjukkan peningkatan popularitas kripto di seluruh dunia. Menjadi populer tidak selalu berarti memiliki reputasi yang baik. Sebagian besar orang masih menganggap dunia kripto sebagai Bumi Barat yang didominasi oleh spekulan pria dan budaya bro, yang diperkuat oleh skandal terbaru dan penurunan pasar. Namun, keterlibatan dan kepemimpinan perempuan dalam industri kripto dapat membantu mengubah perspektif dan menciptakan gambaran yang lebih baik tentang industri.

Baca Juga : ETF Bitcoin Diproyeksikan Hadir Pada Januari 2024, Harga BTC Diproyeksikan Mencapai Puncak Baru

Mayoritas orang di industri mata uang kripto adalah laki-laki. Sebuah survei terbaru menemukan bahwa kurang dari 5% pendiri kripto dan kurang dari 10% mitra dana kripto adalah wanita. Beberapa laporan lain menyatakan bahwa hanya 26% dari pemilik kripto saat ini di AS adalah wanita. Ketidakhadiran investor dan pemimpin wanita di industri kripto dapat mengurangi keragaman dan menghalangi pertumbuhan.

Ada berbagai alasan mengapa hal ini terjadi. Di beberapa bidang, seperti keuangan, wanita sering dianggap tidak percaya diri. Menurut Gracy, Jumat (1/12/2023), hanya 33% wanita yang merasa percaya diri dengan kemampuan mereka untuk membuat keputusan investasi, menurut studi Fidelity.

Namun, ada cara lain untuk menginterpretasikan angka ini. Dia menambahkan, “Investor wanita memiliki perspektif keuangan yang lebih bijaksana dan mungkin kurang berminat untuk berinvestasi pada aset berisiko seperti mata uang kripto, yang biasanya dianggap sangat volatil.”

Ia menyatakan bahwa mereka tidak akan berinvestasi secara sembarangan dalam aset kripto tanpa pemahaman yang memadai. Pendidikan pengguna yang dapat diandalkan dapat membantu meningkatkan adopsi kripto di kalangan wanita.

Rasa percaya diri juga dapat berkontribusi pada kurangnya pemimpin perempuan dalam industri ini. Di tempat kerja yang didominasi oleh laki-laki, perempuan yang bekerja dalam manajemen mungkin merasa skeptis tentang kemampuan mereka untuk menjadi pemimpin dan ragu untuk berbicara.

Saat saya bekerja sebagai CMO di sebuah perusahaan fintech sebelumnya, saya merasa tidak percaya diri dan terkadang frustrasi karena saya satu-satunya wanita di tim manajemen.

Dia menyatakan bahwa pengusaha wanita sering dihadapkan pada stereotip dan bias berbasis gender, bahkan jika mereka percaya diri dalam kapasitas mereka sebagai pemimpin.

Menurut laporan PitchBook, pendiri wanita hanya dapat mengumpulkan 2% dari pendanaan modal ventura pada tahun 2021. Angka yang rendah ini mengingatkan pada perjuangannya pada tahun 2017 untuk mendapatkan dana untuk startup teknologinya sendiri. Beberapa investor ventura menanggapinya dengan berkata, “Kami menyukai Anda dan proyek Anda, tapi kami tidak berencana untuk berinvestasi pada pengusaha wanita, terutama yang sudah menikah tapi belum mempunyai anak.”

Dia mengatakan, “Sungguh sebuah tamparan di wajah.”

Dia mengatakan, “Kita perlu mengingat bahwa sebagian besar karakteristik yang melekat pada jenis kelamin tertentu sebenarnya adalah kualitas universal yang dimiliki oleh semua manusia, dan inilah saatnya untuk mendobrak stereotip gender, menarik lebih banyak wanita ke dunia kripto, dan merangkul manfaat dari partisipasi wanita yang lebih tinggi.”

Setelah sebelumnya bekerja di tim manajemen yang didominasi oleh pria dan sekarang bekerja di tim manajemen yang dipimpin oleh wanita, ia memiliki pengalaman langsung tentang bagaimana keterlibatan dan kepemimpinan wanita membantu perusahaan dalam berbagai hal. Salah satu contohnya adalah lingkungan kerja yang lebih ramah dan produk yang lebih baik.Gracy menemukan bahwa banyak pemimpin wanita yang hebat saat dia memulai pekerjaannya di Bitget.

Baca Juga : Menurut Standar Chartered, Harga Bitcoin Akan Menuju $100,000 pada tahun 2024! Saatnya Membuat Investasi?

seperti Sandra, Chief Executive Officer kami, Yvonne, dan Daphne, Chief Product Officer kami. Para wanita tidak takut untuk berbagi pendapat dan pengetahuan mereka; sebaliknya, kami selalu menawarkan saran dan dukungan yang jujur dan bermanfaat satu sama lain, yang membuat saya tidak lagi ragu untuk berbicara.

Untuk meningkatkan permintaan, memahami preferensi dan hambatan wanita untuk berinvestasi dalam mata uang kripto, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menghalangi wanita untuk berinvestasi dan berpartisipasi dalam dunia mata uang kripto, studi dan penelitian diperlukan.

Dia menyatakan bahwa perusahaan kripto bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah wanita dan menyediakan lebih banyak kesempatan magang dan pekerjaan bagi wanita. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto
DEX LOGO BLUE HD
NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *