ETF Blackrock dengan Aset $20 Miliar Mengalahkan Grayscale Sebagai Dana Bitcoin Teratas di Dunia

oleh -138 Dilihat
shutterstock download 7 32
Ilustrasi ETF Blackrock dengan Aset $20 Miliar Mengalahkan Grayscale Sebagai Dana Bitcoin Teratas di Dunia

Reku Banner1 jpg

Tabloid Crypto – Sejak didaftarkan di Amerika Serikat awal tahun ini, iShares Bitcoin Trust milik BlackRock telah menjadi dana terbesar yang didedikasikan untuk Bitcoin, mengumpulkan hampir $20 miliar aset, menjadikannya dana terbesar di pasar mata uang kripto.

Menurut data Bloomberg, dana yang diperdagangkan di bursa tersebut pada hari Selasa memiliki Bitcoin senilai $19,68 miliar, melampaui posisi Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) senilai $19,65 miliar. Penawaran Fidelity Investments, yang memiliki aset $11,1 miliar, adalah yang terbesar ketiga.

Baca Juga : Setelah Penundaan 5 Tahun, MT. Gox Mengirim Bitcoin Senilai $2.9 Miliar

Arus Masuk Utama: iShares Bitcoin Trust dari BlackRock

Di antara peristiwa penting dalam industri kripto adalah peluncuran ETF BlackRock dan Fidelity Bitcoin, bersama dengan tujuh lainnya, pada 11 Januari. Pada hari yang sama, kendaraan Grayscale, yang telah beroperasi selama lebih dari sepuluh tahun, beralih menjadi ETF.

Dengan perubahan ini, Bitcoin secara signifikan lebih mudah diakses oleh ritel dan investor institusi. Akibatnya, harga mata uang kripto tertinggi di dunia meningkat hingga $73,700 pada 14 Maret.

iShares Bitcoin Trust adalah dana yang paling dicari investor sejak didirikan, dengan arus masuk sebesar $16,5 miliar. Di sisi lain, dana Grayscale mengalami arus keluar sebesar $17,7 miliar selama periode yang sama.

Seorang juru bicara BlackRock mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka senang dengan keberhasilan iShares Bitcoin Trust, mengatakan bahwa investor lebih suka mengakses Bitcoin melalui “kenyamanan dan transparansi” ETF tingkat institusi. Perusahaan tetap berkomitmen untuk mendidik investor dan memberikan akses mudah ke Bitcoin.

Meskipun Ada Kekhawatiran Mengenai Volatilitas, ETF Bitcoin Meningkat

Setelah keputusan pengadilan pada tahun 2023 yang mendorong pembalikan kasus Grayscale, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dengan enggan menyetujui ETF spot Bitcoin AS pertama pada bulan Januari.

Langkah ini sangat penting untuk mengatasi masalah yang dihadapi Grayscale Bitcoin Trust, di mana saham terkadang diperdagangkan dengan premi yang besar atau diskon terhadap nilai aset bersihnya.

Dengan aset gabungan sebesar $58,5 miliar hingga saat ini, kelompok dana Bitcoin adalah salah satu jenis ETF baru yang paling sukses. Namun, para kritikus berpendapat bahwa volatilitas aset digital membuatnya tidak cocok untuk diadopsi secara luas, bahkan dalam bentuk ETF.

Manajer aset besar seperti Vanguard Group secara eksplisit menyatakan bahwa mereka tidak berencana untuk menjual produk terkait kripto, meskipun beberapa negara membatasi atau melarang investor terhadap mata uang kripto. BlackRock dan Vanguard tetap menjadi dua perusahaan manajemen aset terbesar di dunia.

Baca Juga : Setelah Persetujuan ETF ETH, Pasar Kripto Melonjak

Batu hitam
Grafik harian menunjukkan bahwa harga BTC berkonsolidasi di bawah $70,000. Sumber: BTCUSD di TradingView.com

Karena nilai Bitcoin telah meningkat empat kali lipat sejak awal tahun ini, pengenalan ETF telah membantu pemulihannya.

Kesuksesan terus-menerus iShares Bitcoin Trust dan popularitas ETF berbasis mata uang kripto terus membentuk lingkungan investasi aset digital, meskipun ada sedikit penurunan kurang dari 1%, dengan perdagangan Bitcoin pada $67,600 pada hari Rabu. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Reku Banner jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *