Penambang Bitcoin Mempersiapkan Diri Untuk Acara Halving yang Semakin Dekat

oleh -195 Dilihat
2021 01 28t140454z 110273019 rc22hl9tk9ms rtrmadp 3 crypto currency crime
Ilustrasi Penambang Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic)

Reku Banner jpg

Tabloid Crypto – Penambang dan penggemar mata uang kripto sangat mengantisipasi peristiwa halving jaringan Bitcoin, yang diproyeksikan terjadi sekitar tanggal 20 April 2024. Sebuah peristiwa penting yang mengurangi imbalan para penambang hingga setengahnya terjadi setiap empat tahun sekali. Saat ini, ada 34 hari tersisa hingga peristiwa tersebut terjadi, dan harga Bitcoin terus berada di atas $60.000, mencapai hampir $74.000 pada 14 Maret.

Peristiwa halving adalah sesuatu yang diantisipasi oleh penambang Bitcoin

Hal-hal yang mengubah ekosistem disebabkan oleh peristiwa halving. Penambang, yang memastikan jaringan dan memvalidasi transaksi, akan melihat imbalan mereka turun dari 6,25 bitcoin per blok menjadi hanya 3,125 bitcoin per blok. Pengurangan imbalan blok ini, terutama bagi penambang yang memiliki biaya operasional tinggi, dapat berdampak besar pada profitabilitas mereka.

Baca Juga : Lima Analis Kripto Terkenal Memprediksi Harga Bitcoin

Meskipun halving dapat mengurangi keuntungan penambangan, ada beberapa komponen yang dapat mengimbangi kehilangan pendapatan ini. Salah satunya adalah kenaikan harga yang terus-menerus sepanjang bulan Maret, serta kenaikan biaya transaksi on-chain, yang telah memberikan penambang sumber pendapatan tambahan.

Mari kita lihat contohnya: jika halving terjadi tahun lalu pada tanggal 20 April 2023, saat harga Bitcoin berada di sekitar $28,245. Pada saat itu, para penambang menghasilkan sekitar $25,42 juta setiap hari dengan menambang sekitar 900 BTC. Jika mereka menambang hanya 450 BTC, pendapatan akan turun menjadi sekitar $12,71 juta setelah separuhnya.

Sekarang harga BTC berada di atas $67.000, menghasilkan pendapatan harian sebesar $60,3 juta hanya dari hadiah blok. Jika harga mempertahankan tingkat ini, penambang masih dapat menghasilkan keuntungan harian sebesar $30,15 juta, melampaui pendapatan 900 BTC pada bulan April tahun lalu.

Profitabilitas penambang dan harga Bitcoin diantisipasi

Setelah biaya rata-rata per transfer melonjak secara signifikan dari $2,05 pada April 2023 menjadi $8,28, atau 37,7 satoshi per byte virtual, penambang sekarang mendapatkan lebih banyak uang per transaksi. Secara keseluruhan, peningkatan biaya transaksi ini meningkatkan aliran pendapatan penambang.

Meskipun tren ini menunjukkan potensi keuntungan untuk bisnis penambangan yang sudah mapan, penting untuk mempertimbangkan fluktuasi harga Bitcoin. Penurunan harga yang signifikan hingga $50.000, $40.000, atau di bawah $30.000 dapat berdampak besar pada profitabilitas penambang, terutama penambang yang memiliki biaya operasional yang lebih tinggi.

Baca Juga : Nilai Bitcoin Menurun Di Bawah $66.000

Secara historis, halving selalu diikuti oleh kenaikan harga Bitcoin dalam jangka menengah hingga panjang untuk mengkompensasi penurunan imbalan blok. Pola ini menunjukkan bahwa meskipun halving mungkin membuat penambangan menjadi kurang menguntungkan dalam jangka pendek, pada akhirnya halving ini dapat menghasilkan peningkatan profitabilitas seiring berjalannya waktu karena harga Bitcoin menyesuaikan dengan dinamika pasokan yang baru.

Para penambang akan menghadapi tantangan dan peluang di acara halving jaringan BTC yang akan datang. Faktor-faktor seperti kenaikan harga Bitcoin dan biaya transaksi yang lebih tinggi dapat mengurangi kerugian pendapatan, tetapi halving mengurangi imbalan blok. Namun, untuk menjaga keuntungan yang berkelanjutan dalam lingkungan mata uang kripto yang terus berubah, penambang harus tetap waspada dan beradaptasi dengan keadaan pasar. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *