Tekan Risiko Pencucian Uang, Swiss Perketat Pengawasan Transaksi Kripto

oleh -98 Dilihat
Mata Uang Kripto
Ilustrasi Aset Crypto

unnamed 1

Crypto News – Regulator keuangan Swiss memperketat pemeriksaan transaksi kripto untuk mengurangi risiko pencucian uang. Aturan ini mendapat beberapa penolakan yang signifikan dari pengguna di negara itu.

Dalam aturan baru, pelanggan harus membuktikan identitas mereka jika mereka melakukan transaksi dengan total USD 1.000 (Rp 15,7 juta) atau lebih selama sebulan ketika mereka menukar kripto dengan uang tunai atau bentuk uang anonim lainnya.

Baca Juga : Awas! Penipuan Member Get Member, Berkedok Investasi Kripto

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (Finma) mengatakan risiko pencucian uang dalam domain mata uang virtual diperkuat oleh potensi anonimitas dan oleh kecepatan dan sifat transaksi lintas batas.

“Mata uang virtual sering digunakan sebagai alat pembayaran untuk perdagangan gelap, terutama dalam perdagangan narkoba, di darknet, atau untuk pembayaran uang tebusan setelah serangan siber,” isi laporan tersebut, dikutip dari CoinDesk, Jumat, 4 November 2022.

Konsultasi yang diterbitkan oleh Finma pada Mei 2022 mengusulkan untuk memperketat batas USD 1.000 yang saat ini diukur setiap hari, dengan maksud untuk menghentikan “smurfing” atau pemecahan pembayaran besar menjadi pembayaran yang lebih kecil untuk menghindari cek pencucian uang.

Namun, regulator menerima banyak tanggapan dari warga dan perusahaan kripto yang mengatakan aturan baru tidak netral antara teknologi yang berbeda dan penyimpanan data pelanggan akan rentan terhadap peretasan.

Baca Juga : Ini Trend Market Crypto yang Bakal Booming di Bull Run Menurut Ripple & BNB Chain!

Pada Rabu (2/11/2022) Finma mengatakan pihaknya mendukung rencananya dan menolak permintaan untuk meningkatkan ambang batas, tetapi mengakui aturan baru hanya akan berlaku untuk transaksi anonim seperti yang ada di ATM kripto.

Swiss telah berusaha untuk menjadi pusat kripto, tetapi regulator ingin melepaskan reputasi kripto sebagai alat untuk pencucian uang.

Sumber : liputan6.com

Berlangganan Tabloid Crypto

1599719601191

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *