14 Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto Indonesia, Ada Ghozali Everyday

oleh -76 Dilihat
050440400 1674016538 WhatsApp Image 2023 01 09 at 6.15.54 PM
Coinvestasi's Most Impactful Figures 2022. Dok: Coinvestasi

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms
Crypto News – Menurut laporan DappRadar, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi kripto ketiga tertinggi di dunia, dengan lonjakan 115,59 persen.

Sementara Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) mencatat transaksi kripto di Indonesia per Januari-September 2022 sudah menyentuh sekitar Rp 266 triliun, di mana jumlah pelanggan sekitar 16,1 juta dengan 25 bursa dan 383 aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti.

Pencapaian itu tentu tidak lepas dari berbagai pihak yang terus bertahan dan optimistis untuk membangun dan memberikan dampak pada industri kripto Indonesia.

Baca Juga : Juragan Kripto Lagi Happy, Harga Bitcoin Cs Ngacir

Sebagai bentuk apresiasi terkait hal tersebut, Coinvestasi memberikan penghargaan bertajuk “Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2022″ bagi 14 tokoh dari 12 entitas/perusahaan.

“Daftar Coinvestasi’s Most Impactful Figures 2022 diberikan kepada para tokoh yang bukan hanya bertahan selama kondisi market yang menantang tetapi juga terus berkontribusi memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri kripto dan web3 di Indonesia,” kata Managing Director Coinvestasi, Dhila, melalui keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Dengan adanya penghargaan ini, ia berharap bisa terus menjadi dorongan untuk para pelaku industri kripto dan web3 dalam menciptakan inovasi dan membangun ekosistem industri sehat bagi pengguna, regulator, maupun pelaku usaha lainnya.

Berikut ini adalah daftar tokoh kripto yang memiliki kontribusi positif bagi industri kripto di Indonesia 2022.

1. Jerry Sambuaga – Wakil Menteri Perdagangan RI (2019-2024)

Jerry Sambuaga adalah Wakil Menteri Perdagangan RI yang menjabat untuk periode 2019-2024. Di bawah masa jabatannya, segelintir keputusan terkait aset kripto diputuskan seperti daftar 383 aset kripto legal di Indonesia, adanya rencana untuk mendirikan bursa kripto Indonesia dan pengaturan pajak kripto di Indonesia.

2. Tirta Karma Senjaya – Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti

Tirta Karma Senjaya adalah Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti. Ia aktif mengedukasi soal perdagangan fisik Aset Kripto di Indonesia dengan menjadi narasumber/pembicara dalam literasi, seminar, lokakarya dan simposium sebanyak 53 kegiatan dari berbagai Kementerian/Lembaga/Universitas dan lainnya.

Tirta juga aktif memberikan masukan dan pembinaan terhadap Peraturan Bappebti Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Juga turut secara aktif membuat kajian dan evaluasi dalam rangka pengemban aset kripto di Indonesia, seperti kajian kebijakan terkait NFT, evaluasi penilaian aset kripto (AHP), kajian kebijakan ICO/ITO dan sebagainya serta turut aktif dalam upaya mewujudkan ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia.

3. Asih Karnengsih – Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia

Sebagai Ketua ABI, Asih Karnengsih telah berhasil berperan untuk beberapa kebijakan penting soal regulasi kripto di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah soal pajak aset kripto dan pendekatan mengenai RUU PPSK 2023, pengembangan revisi Perba 8/2021 (recently issued Perba 13/2022), pendekatan mengenai RUU PPSK, dan membangun relasi dengan industri blockchain internasional

4. Oscar Darmawan – CEO Indodax

CEO Indodax Oscar Darmawan merupakan CEO dan Founder Indodax, exchange kripto pertama di Indonesia. Oscar Darmawan memimpin Indodax dalam mendorong adopsi aset kripto di Indonesia dan kini memiliki 5,6 juta pengguna.

Oscar aktif bersama ABI membahas soal regulasi aset kripto di Indonesia. Ia juga secara terbuka memberikan transparansi soal aset kripto di wallet Indodax. Oscar Darmawan bahkan berhasil masuk ke dalam Fortune Indonesia 40 under 40.

Baca Juga : Miss El Savador Kenakan Gaun Bitcoin Emas di Kontes Miss Universe

5. Jeth Soetoyo – CEO PINTU

Jeth Soetoyo berhasil membawa bursa kripto PINTU mendapatkan pendanaan senilai 113 juta Dollar AS.

Jeth adalah kontributor tepercaya dan mitra diskusi bagi regulator untuk mengembangkan industri melalui masalah regulasi umum, pajak, dan literasi kripto baik secara individu, anggota komite aset kripto ABI maupun anggota Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO).

Lewat kepemimpinannya, Pintu telah membangun basis komunitas kripto yang kuat dan aplikasi PINTU telah diunduh lebih dari enam juta kali.

PINTU juga telah mendirikan Pintu Academy, sebuah program yang dirancang untuk mendidik dan mengajarkan pedagang kripto pemula seluk beluk perdagangan, menyesuaikan pedagang dengan fundamental kripto, serta memahami cara berinvestasi dan mengelola risiko dengan cara yang berkelanjutan.

Sumber : liputan6.com

Berlangganan Tabloid Crypto
535489c6958f1f6618a79c2c9419eaa1 1
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *