Afrika Selatan Mengadopsi Sistem Pelaporan Aset Kripto

oleh -84 Dilihat
47 negara adopsi regulasi jpg
Ilustrasi Dunia dukung Aset Crypto

nabung crypto currency rekeningku 1
Tabloid Crypto – Afrika Selatan adalah satu-satunya negara di Afrika yang telah menjadi anggota kelompok negara yang telah mencapai kesepakatan untuk menerapkan Kerangka Pelaporan Aset Kripto.

Kerangka pelaporan ini, menurut Pengumpul Pendapatan Afrika Selatan, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan organisasi untuk memastikan kepatuhan pajak dan menekan penghindaran pajak.

Afrika Selatan telah bergabung dengan lebih dari empat puluh negara dan yurisdiksi lain dalam menyetujui penerapan Kerangka Pelaporan Aset Kripto (CARF), menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pemungut pajak negara tersebut pada Minggu (19/11/2023). CARF, yang dibuat oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), adalah standar transparansi perpajakan yang disetujui pada Maret 2023.

Baca Juga : Dengan Persetujuan ETF Bitcoin Spot yang Makin Dekat, Ini Menjadi Tantangan

Perjanjian tersebut memungkinkan otoritas pajak untuk bertukar data otomatis tentang pertukaran kripto, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan Yang Mulia (HM) pada 10 November.

Tujuan dari pertukaran tersebut adalah untuk menghentikan penghindaran dan penghindaran pajak di luar negeri. Lebih dari empat puluh negara dan yurisdiksi terikat oleh perjanjian ini untuk menerapkan amandemen terhadap Standar Pelaporan Umum (CRS) secara bersamaan.

Sementara itu, South African Revenue Service (SARS) berpendapat bahwa CARF adalah satu-satunya cara bagi negara Afrika untuk mengikuti perkembangan, jadi Afrika Selatan setuju untuk menerapkannya.

Menurutnya, CARF adalah standar internasional baru mengenai pertukaran informasi otomatis antar otoritas pajak yang dikembangkan oleh OECD. Ini dibuat untuk mengimbangi pesatnya perkembangan dan pertumbuhan pasar aset kripto dan untuk memastikan bahwa kemajuan baru-baru ini dalam transparansi pajak global tidak akan terkikis secara bertahap.

Mengawasi Kepatuhan Pajak

Selain itu, kerangka pelaporan kripto akan meningkatkan kemampuan untuk memastikan kepatuhan pajak dan menekan penghindaran pajak ketika diterapkan secara luas dan konsisten.

Baca Juga : Cara Mencari Altcoin Yang Berpotensi Naik 100x

Seperti yang diumumkan oleh SARS, pengumpul pendapatan berencana untuk mengalihkan CARF ke dalam undang-undang domestik pada tahun 2027. Namun, peralihan ke CARF akan memerlukan proses legislatif nasional yang berlaku.

Sejauh ini, Afrika Selatan adalah satu-satunya negara Afrika yang berpartisipasi dalam perjanjian tersebut. Selain itu, beberapa negara lain, termasuk Tiongkok dan Rusia, tidak termasuk dalam daftar yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan HM. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto
535489c6958f1f6618a79c2c9419eaa1 1

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *