Apakah Argentina Benar-Benar Mengeluarkan Uang Untuk Bitcoin? Apa Yang Terjadi?

oleh -177 Dilihat
KryptoMoney.com Bitcoin Payment Banco Masventas BMV Argentina
Ilustrasi Argentina dan Bitcoin

banner3

Tabloid Crypto – Di Argentina, jalan-jalan dan forum online dipenuhi dengan diskusi tentang Bitcoin sesuatu yang tidak terduga. Anda mungkin berpikir bahwa di negara di mana dolar telah menjadi raja selama beberapa waktu, perubahan seperti itu tidak dapat dipikirkan. Namun, di sini kita melihat perubahan besar ketika orang Argentina menjadi lebih nyaman dengan ide menyimpan tabungan mereka dalam BTC daripada dolar AS.

Selama bertahun-tahun, tarian ini ditukar dengan peso AS, mirip dengan tango Argentina. Meskipun demikian, kemajuan terbaru menunjukkan bahwa kecepatan baru sedang mengambil alih. Data yang dikumpulkan oleh bursa mata uang kripto lokal Lemon menunjukkan perubahan ini, menunjukkan peningkatan investasi Bitcoin, yang mencapai titik tertinggi dalam setahun terakhir. Tren ini muncul saat negara tersebut mencari cara lain untuk menggantikan dolar, di tengah perkembangan rencana keuangan yang dipimpin oleh Presiden Javier Milei.

Baca Juga : Jumlah Investor Kripto Tembus 19 Juta, Investasi Kripto Terus Meningkat

Beralih ke Emas Digital

Setelah terpilihnya Presiden Milei, seorang tokoh yang tegas tentang memasukkan dolar AS lebih dalam ke dalam perekonomian Argentina, dolarisasi telah menjadi topik hangat di Argentina. Masyarakat Argentina tampaknya mulai mengambil jalan mereka sendiri, mengabaikan dolar dan memilih Bitcoin, terlepas dari ambisi tersebut dan menolak undangan dari BRICS.

Fakta menunjukkan itu. Menurut laporan terbaru Lemon, ada peningkatan tak terduga dalam transaksi Bitcoin; hanya dalam satu minggu bulan Maret, itu memecahkan rekor 35.000, peningkatan besar dari 27.000 pembelian minggu sebelumnya. Karena perekonomian Argentina sedang dalam masa sulit dan mata uang negara tersebut mengalami devaluasi cepat di bawah pemerintahan Milei, banyak orang menjadi gila terhadap Bitcoin saat ini. Pergeseran dari stablecoin, yang sebelumnya menyumbang 80% dari pembelian kripto di Argentina, menunjukkan minat yang meningkat terhadap mata uang digital yang lebih berisiko namun berpotensi lebih menguntungkan.

Perusahaan lokal seperti Belo, yang dipimpin oleh CEO Manuel Beaudroit, telah menyaksikan tren ini secara langsung, dengan transaksi Bitcoin dan Ethereum meningkat sepuluh kali lipat. Masyarakat Argentina menggunakan strategi reaktif, menurut Wawasan Beaudroit: membeli BTC saat pasar menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Perilaku ini menunjukkan penerimaan dan pemahaman yang lebih luas terhadap mata uang kripto sebagai alat ekonomi yang bermanfaat, terutama di lingkungan ekonomi yang tidak stabil.

Cara Mengatasi Gejolak Ekonomi

Perekonomian Argentina sekarang lebih baik. Kuartal terakhir tahun 2023 menunjukkan penurunan terus menerus sebesar 1,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Tren ini, meskipun tidak diantisipasi oleh beberapa analis, menunjukkan pemerintahan Presiden Milei, yang sejak menjabat telah menerapkan program penghematan ketat.

Baca Juga : Goldman Sachs Merangkai Minat Dana Lindung Nilai Terhadap Kripto

Argentina berada di ambang resesi karena tingkat inflasi yang meningkat lebih dari 275%, kontrol modal yang ketat, dan peningkatan kemiskinan. Sebuah resesi didefinisikan oleh Biro Riset Ekonomi Nasional (NBER) Amerika sebagai penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari beberapa bulan. Menurut definisi ini, Argentina berada dalam situasi yang tidak menentu, dan ekonominya diproyeksikan menyusut sebesar 1,6% pada tahun 2023.

Pertanian, serta pertambangan dan perhotelan, telah menunjukkan ketahanan di tengah kondisi ekonomi ini. Di sisi lain, industri lain seperti ritel, manufaktur, utilitas, dan keuangan telah mengalami penurunan. Investasi juga gagal, yang memperumit masalah ekonomi yang coba diselesaikan pemerintahan Milei.

Apa alasan untuk beralih ke Bitcoin? Pertama, karena Bitcoin terdesentralisasi, orang Argentina memiliki perlindungan terhadap inflasi benteng digital dari devaluasi peso. Selain itu, sifatnya yang terdesentralisasi memberi mereka otonomi finansial yang tidak terpengaruh oleh kebijakan pemerintah dan tren ekonomi global lainnya. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

535489c6958f1f6618a79c2c9419eaa1 1

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *