Tabloid Crypto

MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Bappebti Sebut Transisi Regulasi Aset Kripto ke BI dan OJK Butuh Waktu 5 tahun

61170550c5c09 beli bitcoin bisa di shopeepay 665 374

nabung crypto currency rekeningku 1
Crypto News – Dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) salah satunya mengatur terkait aset kripto yang dimasukkan pada RUU PPSK sebagai ITSK (Inovasi Teknologi Sektor Keuangan).

Pengawasan dan regulasi aset kripto dalam RUU itu akan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Dengan demikian, pengaturannya akan berpindah dari semula oleh Bappebti.

Plt Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko mengatakan, setidaknya memerlukan waktu transisi lima tahun pemindahan kepengurusan setelah RUU P2SK tersebut ditetapkan menjadi Undang-Undang, untuk memastikan peralihan pengawasan ini akan sustainable.

Baca Juga : Laporan Polisi Bocor, Ratu Kripto Buronan FBI Kabur Bawa Rp60 Triliun | Narasi Daily

“Akan ada masa transisi setidaknya lima tahunan, untuk memastikan nantinya ekosistem aset kripto akan tetap sustainable,” tutur Didid dalam forum diskusi yang dihadiri Kontan.co.id, Rabu (2/11).

Didid memang mengakui bahwa Bappebti belum bisa membentuk bursa aset kripto. Namun saat ini pihaknya sedang mengupayakan realisasi hal itu dalam waktu dekat. Paling tidak akan selesai sebelum masa transisi peralihan regulasi ini ke OJK.

Untuk diketahui, peraturan bursa aset kripto sebelumnya sudah diatur dalam Peraturan Bappebti No.8/2021 yang mengatur tentang pedoman penyelenggaraan perdagangan pasar fisik aset kripto di bursa berjangka. Rencananya bursa aset kripto akan di luncurkan akhir tahun ini.

Baca Juga : Strategi dan Langkah Ketika Harga Bitcoin Turun

“Lalu apa gunanya bikin bursa aset kripto padahal bakal di geser ke OJK? saya pastikan pergeseran ini juga dengan memastikan pengelolaan aset kripto akan tetap sustain, Bappebti atau OJK yang akan mengelola itu,” katanya.

Lebih lanjut, Didid memastikan, baik dikelola BI, OJK, ataupun Bappebti nantinya, pengelolaan aset kripto harus berjalan dengan baik, terutama dijaga agar tetap menjadi aset dan bukan mata uang.

Sumber : nasional.kontan.co.id

Berlangganan Tabloid Crypto
Zipmex Banner 1 1
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia