MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Bitcoin Merosot Tembus $16k, Genesis Peringatkan soal Potensi Kebangkrutan

Bitcoin Merosot Tembus $16k, Genesis Peringatkan soal Potensi Kebangkrutan

Bitcoin Turun

Ilustrasi Bitcoin


Crypto News – Bitcoin dan pasar cryptocurrency yang lebih luas dilanda tekanan jual baru pada hari Selasa setelah bank investasi yang berfokus kripto Genesis memberi tanda potensi risiko kebangkrutan karena eksposurnya ke exchange FTX yang baru-baru ini bangkrut.

Kripto terbesar dunia merosot 3% ke $15,787.4 pada pukul 06.47 WIB, setelah turun ke level terendah $15,504 – titik terendah baru dua tahun sebelumnya. Kripto no. 2 dunia Ethereum turun 3% ke $1,108.81, membawa total kerugian bulan ini menjadi hampir 30%.

Baca Juga : Asosiasi Apresiasi Aturan Bappebti Terkait Aset Kripto di Indonesia

Dalam korban terbaru dari pelemahan kripto tahun ini, laporan menyebutkan Genesis Global Trading, salah satu bank institusional terbesar di ruang ini, memperingatkan bahwa mereka dapat menghadapi potensi kebangkrutan jika tidak dapat mengumpulkan dana baru. Bank itu dilaporkan mencari dana baru hingga $1 miliar, tetapi belum menemukan sumbernya.

Tetapi perusahaan mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengajukan kebangkrutan “dalam waktu dekat.” Dilaporkan, perusahaan telah mendekati exchange utama Binance dan perusahaan ekuitas swasta Apollo Global Management (NYSE:APO) untuk mendapatkan dana.

Laporan itu muncul hanya seminggu setelah lengan pinjaman Genesis menangguhkan penarikan, karena kekhawatiran atas eksposurnya ke FTX memicu penarikan dana.

Laporan awal tahun ini menunjukkan Genesis memiliki beberapa pinjaman luar biasa ke Alameda Research – institusi perdagangan kripto yang terkait erat dengan kebangkrutan FTX. Perusahaan juga dilaporkan kehilangan dana melalui eksposurnya ke hedge fund Three Arrows Capital, yang bangkrut awal tahun ini.

Sesama lembaga pinjaman kripto BlockFi mengajukan kebangkrutan awal bulan ini, sementara beberapa pemain kecil lainnya menangguhkan penarikan atau menghentikan layanan peminjaman dan staking tertentu, karena penularan dari keruntuhan FTX terus menyebar.

Baca Juga : Hikayat Kripto Setahun Terakhir, dari Puncak Kejayaan ke Gelombang Kebangkrutan

Di tengah sentimen yang sangat memburuk terhadap ruang ini, total kapitalisasi kripto turun di bawah $800 miliar, dan beberapa altcoin mengalami kerugian yang berkepanjangan. Binance Coin turun 3,4%, sementara memecoin Dogecoin merosot 2,1%.

Data terbaru menunjukkan bahwa investor institusional banyak menumpuk ke dalam produk short kripto untuk mengantisipasi lebih banyak kerugian. Dampak penuh dari kebangkrutan FTX juga belum terasa, mengingat bahwa exchange tersebut pada satu titik merupakan yang terbesar kedua di ruang kripto ini.

Sumber : id.investing.com

Berlangganan Tabloid Crypto

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia