Coinbase Menuduh SEC Menggunakan Strategi Regulasi Untuk Mengontrol Industri Kripto

oleh -155 Dilihat
Bitcoin Coinbase scaled e1706658654554
Ilustrasi Coinbase Menuduh SEC Menggunakan Strategi Regulasi Untuk Mengontrol Industri Kripto

1599719601191

Tabloid Crypto – Menurut Coinbase, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menggunakan strategi penegakan hukum untuk dengan sengaja menghambat pasar mata uang kripto.

Dalam pengajuan mereka ke Pengadilan Banding AS pada tanggal 31 Mei, Coinbase mengkritik ketidakmampuan SEC untuk menetapkan peraturan yang jelas dan adil untuk industri kripto, yang mereka anggap dimaksudkan untuk “mencekik” pertumbuhan sektor.

Baca Juga : Sebab-sebab Investasi Kripto Indonesia Diproyeksikan Meningkat pada 2024

“SEC serius terhadap penghancuran aset digital,” kata Coinbase dalam dokumen tersebut.

Pengajuan tersebut menyatakan bahwa SEC akan “tidak ada gunanya dan sangat tidak pantas” untuk memberinya lebih banyak kesempatan untuk menjelaskan posisinya.

Selain itu, Coinbase mengklaim bahwa SEC tidak menganggapnya bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan, mengklaim bahwa peraturannya saat ini “cukup bisa diterapkan”, seperti yang ditunjukkan oleh litigasinya terhadap sejumlah perusahaan karena pelanggaran aturan.

Penyebutan Komisaris SEC lainnya, yang setuju bahwa tindakan SEC menghambat inovasi dan kemajuan aset digital, memperkuat keyakinan ini.

Situasi menjadi lebih sulit karena tindakan hukum SEC terhadap perusahaan seperti Coinbase. Pada bulan Juni 2023, SEC menggugat Coinbase karena tidak memiliki lisensi sebagai broker, bursa efek, atau lembaga kliring.

Meskipun ada upaya untuk menolak gugatan, Coinbase selalu dihadapkan pada masalah SEC.

Kasus ini masih belum diselesaikan, meskipun Elliott Stein, analis litigasi senior dari Bloomberg, memperkirakan kemungkinan pemecatan penuh sebesar 70%.

Untuk mengurangi ketegangan ini, Hester Pierce, Komisaris SEC, telah mengusulkan solusi seperti program sandbox internasional yang memungkinkan perusahaan AS dan Inggris bekerja sama.

Pierce menyatakan kepada panel Konsensus 2024 bahwa “Salah satu masalah yang kami hadapi adalah orang-orang mencoba datang ke SEC untuk mendapatkan keringanan, namun, Anda tahu, Anda malah ikut campur, dan tidak terjadi apa-apa.”

Baca Juga : Kerugian Peretasan dan Penipuan Kripto Turun 12% Pada Bulan Mei, Menurut Immunefi

“Ini […] akan sedikit memaksa SEC.”

Terlepas dari kenyataan bahwa aturan yang ditetapkan SEC mungkin hanya berdampak pada sebagian kecil pasar, Coinbase berpendapat bahwa sistem tersebut tetap opresif secara keseluruhan.

Karena SEC terus menerapkan aturan yang ketat, perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya di industri kripto terus mendorong peraturan yang lebih adil. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Tokocrypto banner1 jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *