Manfaat Mata Uang Digital Bank Sentral Dikaji oleh IMF

oleh -162 Dilihat
IMF Mempelajari Potensi Manfaat Mata Uang Digital Bank Sentral
Ilustrasi Manfaat Mata Uang Digital Bank Sentral Dikaji oleh IMF

1599719601191

Tabloid Crypto – Dana Moneter Internasional (IMF) sedang melakukan penelitian lebih lanjut tentang kemungkinan keuntungan dari mata uang digital Bank Sentral (CBDC). Seperti yang diketahui, CBDC telah lama menjadi agenda negara. Dalam konteks ini, IMF melakukan survei terhadap 19 bank sentral di Timur Tengah dan Asia Tengah (ME&CA) untuk menilai masalah CBDC. Hasilnya luar biasa.

Apa Kesimpulan dari Survei?

Menurut survei IMF, CBDC dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mengurangi biaya jasa keuangan; namun, IMF juga menyatakan bahwa kebutuhan CBDC untuk mencapai tujuan tersebut belum jelas. IMF menekankan bahwa menghadapi tantangan tambahan di sistem keuangan mungkin merupakan pilihan yang lebih efisien.

Survei ini menekankan bahwa infrastruktur digital yang kuat diperlukan untuk CBDC. Hal ini menimbulkan masalah tambahan seperti literasi digital, sistem identifikasi, kepercayaan terhadap lembaga keuangan, dan kesejahteraan umum.

Baca Juga : Ripple Berkolaborasi dengan Sepuluh Pemerintah untuk Mengembangkan CBDC

IMF mengatakan bahwa CBDC dapat menghasilkan manfaat jika masalah ini diselesaikan. IMF juga menyoroti bahwa potensi nyata CBDC akan bergantung pada lingkungan yang mendukung dalam lingkungan keuangan yang kuat.

IMF Melihat CBDC

Selain itu, IMF menyatakan bahwa mereka secara aktif meneliti CBDC dan menawarkan nasihat kepada negara-negara anggota tentang integrasi mereka ke dalam sistem moneter. Dalam pernyataan pejabat senior IMF, disarankan bahwa platform CBDC global yang memungkinkan kontrol modal dapat secara signifikan mengurangi biaya pembayaran.

blockchain 39 1

Arab Saudi adalah salah satu dari banyak negara di kawasan ME&CA yang telah melakukan penelitian CBDC. Misalnya, Otoritas Moneter Arab Saudi baru-baru ini melakukan proyek percontohan CBDC lintas batas dengan BIS untuk memfasilitasi perdagangan internasional. CBDC berpotensi menggantikan uang tunai di beberapa negara kepulauan, menurut Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana IMF.

Baca Juga : T-Mobile Memasuki Dunia Penambangan Bitcoin: Langkah Berani Menuju Masa Depan

Proses yang Membutuhkan Waktu yang Lama

IMF menyatakan bahwa penerapan CBDC merupakan bagian dari proses yang kompleks dan panjang yang memerlukan pertimbangan matang. IMF juga menyebutkan bahwa pembuat kebijakan perlu mengevaluasi apakah manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan risiko yang mungkin terjadi.

IMF menyatakan bahwa beberapa ancaman termasuk ketidakpastian sistem keuangan dan masalah operasi bank sentral. Selain itu, penerapan CBDC dapat memengaruhi keuntungan bank, kapasitas pinjaman, dan stabilitas keuangan secara keseluruhan karena sekitar 83% pendanaan bank di wilayah tersebut berasal dari simpanan. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Tokocrypto banner1 jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *