Mengenal Koin Kripto Ethereum Classic (ETC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

oleh -151 Dilihat
Mengenal Koin Kripto Ethereum Classic ETC
Ilustrasi Mengenal Koin Kripto Ethereum Classic (ETC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

1599719601191

Tabloid Crypto – Koin kripto atau cryptocurrency telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu koin kripto yang menarik perhatian banyak orang adalah Ethereum Classic (ETC). Namun, masih banyak yang belum mengenal koin ini dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang koin kripto Ethereum Classic, termasuk apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungannya.

Apa itu Ethereum Classic (ETC)?

Ethereum Classic (ETC) adalah salah satu koin kripto yang berbasis pada teknologi blockchain. Koin ini merupakan hasil dari hard fork dari Ethereum pada tahun 2016. Hard fork adalah proses di mana sebuah koin kripto memisahkan diri dari koin asalnya dan membentuk koin baru dengan aturan yang berbeda.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Kaspa (KAS): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

ETC memiliki banyak kesamaan dengan Ethereum, namun ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa ETC tidak memiliki fitur smart contract seperti yang dimiliki oleh Ethereum. Namun, ETC tetap memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi.

Bagaimana Cara Kerja Ethereum Classic (ETC)?

Seperti halnya koin kripto lainnya, ETC juga menggunakan teknologi blockchain untuk memproses transaksi dan menyimpan data. Blockchain adalah sebuah database terdesentralisasi yang terdiri dari blok-blok yang saling terhubung. Setiap blok berisi transaksi yang telah diverifikasi dan disetujui oleh jaringan.

Proses transaksi di ETC dimulai dengan pengguna yang mengirimkan permintaan transaksi. Permintaan tersebut kemudian akan dikirim ke jaringan ETC dan diverifikasi oleh para penambang. Penambang adalah orang-orang atau komputer yang bertugas untuk memverifikasi transaksi dan menambahkannya ke dalam blok baru di blockchain.

Setelah transaksi diverifikasi, blok baru akan ditambahkan ke blockchain dan transaksi tersebut akan segera diproses. Proses ini memungkinkan transaksi untuk dilakukan secara cepat dan aman, tanpa adanya pihak ketiga yang terlibat.

Apa Keuntungan Menggunakan Ethereum Classic (ETC)?

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan ETC. Salah satu keuntungan utamanya adalah keamanan yang tinggi. Karena menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi, ETC tidak dapat dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, transaksi di ETC juga dilakukan secara anonim, sehingga privasi pengguna dapat terjaga.

Selain itu, ETC juga menawarkan biaya transaksi yang rendah. Dengan menggunakan ETC, pengguna dapat mengirimkan uang ke seluruh dunia dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan bank atau layanan transfer uang lainnya.

ETC juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Karena tidak ada pihak ketiga yang terlibat, pengguna dapat mengirimkan dan menerima uang kapan saja dan di mana saja tanpa adanya batasan waktu atau lokasi.

Kesimpulan

Ethereum Classic (ETC) adalah salah satu koin kripto yang menarik perhatian banyak orang. Koin ini menawarkan keamanan yang tinggi, biaya transaksi yang rendah, dan fleksibilitas yang tinggi. Dengan menggunakan teknologi blockchain, ETC memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara cepat dan aman tanpa adanya pihak ketiga yang terlibat. (red/tc)

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Internet Computer (ICP): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

FAQs

  1. Apa itu hard fork?
    Hard fork adalah proses di mana sebuah koin kripto memisahkan diri dari koin asalnya dan membentuk koin baru dengan aturan yang berbeda.
  2. Apa perbedaan utama antara ETC dan Ethereum?
    Perbedaan utama antara ETC dan Ethereum adalah bahwa ETC tidak memiliki fitur smart contract seperti yang dimiliki oleh Ethereum.
  3. Siapa yang bertugas memverifikasi transaksi di ETC?
    Penambang adalah orang-orang atau komputer yang bertugas untuk memverifikasi transaksi dan menambahkannya ke dalam blok baru di blockchain.
  4. Apa keuntungan utama menggunakan ETC?
    Keuntungan utama menggunakan ETC adalah keamanan yang tinggi, biaya transaksi yang rendah, dan fleksibilitas yang tinggi.
  5. Apa yang dimaksud dengan teknologi blockchain?
    Blockchain adalah sebuah database terdesentralisasi yang terdiri dari blok-blok yang saling terhubung dan digunakan untuk memproses transaksi dan menyimpan data.

Berlangganan Tabloid Crypto

535489c6958f1f6618a79c2c9419eaa1 1

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *