Pandangan Teknikal: Harga Bitcoin Berisiko Tumbang Sebelum Tahun Baru

oleh -76 Dilihat
1649507653 jpg
Ilustrasi Bitcoin

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms

Tabloid Crypto – Harga Bitcoin (BTC) tampaknya akan lebih rendah lagi sebelum tahun 2023 berakhir setelah gagal melampaui level kritis.

Bitcoin gagal melampaui US$43.500 saat mencoba menembus level US$43.200 baru-baru ini, tetapi gagal mencapai zona resistensi kritis US$44.000.

Perjuangan ini dimulai saat harga Bitcoin mencapai puncak sekitar US$43.792 sebelum turun. Saat Bitcoin kembali di bawah level US$43.200, pola ini membentuk huruf V terbalik pada grafik, yang menunjukkan tren turun.

Baca Juga : Pasar Kripto Rontok, Bitcoin Turun ke US$ 42 Ribu

Dengan berhasil menembus level Fibonacci retracement setengah dari pergerakan naik dari titik terendah US$41.637 ke titik tertinggi US$43.792, penurunan ini sangat signifikan.

Bitcoin 23

Saat ini, Bitcoin diperdagangkan di bawah US$43.000 dan juga di bawah indikator penting momentum pasar, SMA 100 jam. Selain itu, Bitcoin sedang konsolidasi di bawah level retracement Fibonacci 61,8% dari pergerakan naik yang sama.

Harga Bitcoin menghadapi resistensi langsung dekat US$42.500, yang menunjukkan potensi pemulihan, dan juga terbentuk garis tren bearish utama, dengan resistensi terdekat di US$42.550 pada grafik jam BTC/USD.

Mengatasi rintangan utama pertama, yang berada di US$43.000, memiliki potensi untuk mendorong harga lebih tinggi. Rintangan besar berikutnya terletak pada $43,250.

Melampaui resistensi ini dapat menyebabkan kenaikan yang kuat menuju level US$43.800 dan bahkan ke markas kritis US$44.000. Peningkatan ke $45,000 mungkin.

Harga Bitcoin Kemungkinan Turun

Namun, penurunan lebih lanjut mungkin terjadi jika harga Bitcoin gagal melewati zona resistensi US$43.000. Dukungan langsung berada di dekat level US$42.150; jika harga jatuh di bawah ini, dukungan utama berikutnya akan berada di sekitar US$41.650.

Sebagaimana dilaporkan oleh NewsBTC, ada kemungkinan kerugian lebih lanjut jika harga jatuh di bawah ambang batas ini. Ini dapat menyebabkan harga turun dalam jangka pendek menuju support US$40.500.

Dalam konteks lebih luas, grafik pelangi Bitcoin memberikan gambaran yang menarik dan dinamis tentang kondisi saat ini Bitcoin.

Setiap pita warna dalam grafik ini menyampaikan pesan khusus kepada investor, meskipun tidak dimaksudkan sebagai nasihat keuangan. Grafik ini menunjukkan bahwa Bitcoin saat ini diperdagangkan dalam zona akumulasi.

bitcoin

Sebagaimana diumumkan oleh AMB Crypto, grafik ini juga menunjukkan peristiwa halving Bitcoin, yang merupakan peristiwa penting dalam siklus hidup kripto dan secara historis berdampak besar pada nilai Bitcoin.

Puncak siklus saat ini mungkin terjadi sekitar tahun 2025, karena peristiwa ini biasanya diikuti oleh periode bullish sekitar setahun kemudian. Memprediksi waktu dan level harga yang tepat masih menjadi masalah.

Untuk mengatasi ketidakpastian ini, analisis teknis—terutama level retracement dan ekstensi Fibonacci—bisa sangat bermanfaat. Meskipun metode ini bergantung pada penilaian analis untuk menentukan awal dan akhir, mereka telah terbukti efektif selama berbagai waktu.

Misalnya, level ekstensi Fibonacci dapat digambarkan dengan menggunakan reli besar dari US$3.135 ke US$13.800 sebelum halving Bitcoin tahun 2020. Reli ini mencapai level ekstensi 500 persen sekitar 868 hari kemudian, atau sekitar 2,5 tahun setelah pergerakan awal.

Data historis ini dapat membantu menentukan lintasan yang mungkin setelah pemotongan yang akan datang.

Baca Juga : Bagaimana Memilih Platform Investasi Kripto dengan Bijak

Mengingat pemulihan besar Bitcoin tahun sebelum halving berikutnya, struktur pasar, terutama pada grafik satu hari, masih mendukung pembeli. Analis dapat menggunakan level ekstensi Fibonacci pada tren saat ini untuk memperkirakan di mana level ekstensi lima puluh persen mungkin berada, yang akan memberikan target pertumbuhan di masa depan.

Sebagaimana ditunjukkan oleh analisis ini, prospek jangka panjang Bitcoin tetap positif, dengan kemungkinan pertumbuhan besar dalam beberapa tahun mendatang. Ini terlepas dari penurunan saat ini.

Investor harus tetap waspada dan terinformasi tentang tren dan data terbaru karena kondisi pasar dapat berubah dengan cepat, seperti yang terjadi dengan setiap investasi. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Triv Banner jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *