Sekali Lagi SEC Menggugat Bursa Kripto Kraken: Apa yang Terjadi?

oleh -66 Dilihat
sec kraken jpg
Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC)

1599719601191
Tabloid Crypto – Pada tahun 2023, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kedua kali menggugat platform perdagangan mata uang kripto Kraken karena dianggap sebagai bursa sekuritas, pialang, dealer, dan lembaga kliring yang tidak terdaftar.

Proses hukum pertama terkait program staking bursa kripto terjadi pada Februari 2023. Untuk menyelesaikannya, kraken setuju untuk membayar USD 30 juta, atau setara Rp 469,6 miliar, dengan kurs Rp 15.654 per dolar AS.

Dalam gugatan yang diajukan pada Senin, SEC menuduh Kraken, setidaknya sejak September 2018, menjalankan layanan bursa, pialang, dealer, dan lembaga kliring tanpa memiliki fungsi yang diperlukan oleh undang-undang.

Baca Juga : Reku Berharap Masalah Pencucian Uang tidak Digeneralisasi di Industri Kripto

Selain itu, SEC mengklaim bahwa praktik bisnis Kraken, kekurangan pengawasan internal, dan praktik pencatatan yang buruk menempatkan pelanggannya dalam berbagai bahaya.

SEC juga menuduh Kraken mencatatkan sekuritas kripto dan mencampurkan uang pelanggannya dengan uang sendiri, termasuk membayar biaya operasional langsung dari rekening yang menyimpan uang tunai pelanggan.

Kraken Akan Berperang

Kraken menolak pernyataan regulator sekuritas dan menegaskan bahwa pihaknya tidak mencatatkan sekuritas. Dia juga berencana untuk mempertahankan posisi dengan penuh semangat.

Klaim Kraken menyatakan bahwa tidak ada penipuan, manipulasi pasar, kerugian pelanggan akibat peretasan atau gangguan keamanan, dan pelanggaran kewajiban fidusia.

Dave Ripley, CEO Kraken, menyatakan ketidaksetujuannya terhadap klaim SEC dalam posting media sosial X.

Baca Juga : Meskipun Pasar Kripto Melemah Bitcoin Justru Menjadi Lebih Hijau

“Kami berpegang teguh pada pandangan kami bahwa tidak mencatatkan sekuritas, dan berencana untuk mempertahankan posisi kami dengan penuh semangat,” kata Kraken, dikutip dari Bitcoin.com pada hari Jumat (24/11/2023).

Sebelum ini, SEC berpendapat bahwa, karena tidak ada rute yang jelas untuk pendaftaran, Kraken harus masuk dan mendaftar di agensi tersebut. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto
DEX LOGO BLUE HD
NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *