MEDIA KOMUNITAS CRYPTO

Home » Terungkap! Negara-negara G20 Antusias Soal Stablecoin

Terungkap! Negara-negara G20 Antusias Soal Stablecoin


Crypto News – Menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara G20 kembali membahas masalah aturan main dalam ekosistem kripto yang ditopang oleh underlying assets, yaitu stablecoin.

Stablecoin adalah jenis mata uang kripto yang nilainya berdasarkan aset tertentu, seperti mata uang fiat ataupun komoditas. mata uang kripto ini dinilai lebih stabil.

Baca Juga : Kripto Terjungkal Berjamaah di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

“Kami menyambut pekerjaan yang sedang berlangsung oleh Financial Stability Board (FSB) dan pembuat standar internasional untuk memastikan bahwa ekosistem aset kripto, termasuk yang disebut stablecoin, dipantau secara ketat dan tunduk pada regulasi, dan pengawasan yang kuat untuk mengurangi potensi risiko terhadap stabilitas keuangan,” ungkap risalah pertemuan FMCBG tersebut yang dirilis Senin (17/11/2022).

G20 juga menyambut baik pendekatan yang diusulkan FSB untuk membangun kerangka kerja internasional yang komprehensif untuk regulasi aktivitas aset kripto berdasarkan prinsip ‘aktivitas yang sama, risiko yang sama, dan regulasi yang sama’.

Selain itu, G20 juga mengapresiasi adanya laporan konsultatif FSB tentang peninjauan rekomendasi tingkat tinggi untuk regulasi, pengawasan, dan pengawasan pengaturan “stablecoin global”.

Baca Juga : Jumlah Investor Kripto Indonesia Melonjak 43,75%, Menuju 20 Juta Investor

Menurut risalah FMCBG tersebut, G20 juga mendukung laporan konsultasi FSB untuk mempromosikan konsistensi internasional dari pendekatan regulasi dan pengawasan terhadap aktivitas dan pasar aset kripto.

“Sangat penting untuk membangun kesadaran publik akan risiko, untuk memperkuat hasil regulasi dan untuk mendukung level playing field, sambil memanfaatkan inovasi,” ungkap para petinggi G20 dalam risalahnya.

Sumber : cnbcindonesia.com

Berlangganan Tabloid Crypto


Cloud Hosting Indonesia