Belajar Kripto untuk Pemula dari Sekarang!

oleh -1139 Dilihat
2f424c7b1c7ac45929b01122d73cd1cf
Ilustrasi Belajar Kripto

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms

Tabloid Crypto – Belajar Kripto mungkin sulit bagi mereka yang baru mengenal dunia aset kripto karena ada banyak hal yang perlu dipelajari. Namun, selama Anda memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, pelajaran yang lebih rumit akan lebih mudah dipahami.

Pertama, Anda harus tahu tentang teknologi blockchain.

Mengetahui Apa Itu Blockchain

Jangan terlalu tergesa-gesa dengan istilah teknis “blockchain” yang sering digunakan orang. Sebenarnya, blockchain hanyalah database biasa. Dengan modal Excel sheet, Anda bahkan bisa membuatnya sendiri.

Baca Juga : Prediksi Harga Bitcoin dan Ethereum untuk Bulan Maret hingga April 2024

Namun, ada beberapa hal yang membedakan database ini dari yang lain, yaitu:

  • Pertama, data tidak dapat dihapus atau diubah oleh blockchain karena hanya dapat ditambahkan.
  • Kedua, setiap blok atau entri di database ini terhubung secara kriptografis ke blok sebelumnya, jadi Anda harus memberikan sidik jari digital alias hash dari blok sebelumnya untuk setiap entri baru.
  • Dengan demikian, jika seseorang mengubah satu blok, semua blok berikutnya juga akan berubah.

Pada dasarnya, jika data sudah masuk ke dalam blockchain, maka tidak dapat diubah lagi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memasukkan data ke dalamnya.

Memahami Kripto

Di Indonesia, cryptocurrency atau kripto dianggap sebagai aset komoditas. Anda dapat menggunakannya untuk ditabung (misalnya emas) atau diperdagangkan (misalnya saham atau mata uang asing). Kripto dapat dikirim ke teman dan keluarga di mana pun mereka berada karena sifat digitalnya.

Namun, aset kripto jauh lebih menarik daripada transfer bank biasa!

Organisasi seperti bank memainkan peran penting dalam sistem pembayaran online konvensional. Mereka menyimpan uangmu, dan jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus meminta mereka untuk mentransfernya atas namamu.

Tidak ada organisasi seperti itu dalam sistem aset kripto. Dengan menjalankan perangkat lunak gratis, Anda, teman-teman, dan ribuan orang lain dapat bertindak seperti bank sendiri.

Anda dapat berinteraksi secara langsung tanpa perantara karena komputer Anda terhubung langsung ke komputer orang lain!

Anda tidak perlu menggunakan alamat email dan kata sandi Anda untuk menggunakan aset kripto.

Anda dapat mulai mengirim dan menerima aset kripto dalam hitungan menit dengan mengunduh berbagai aplikasi ke ponsel pintar Anda.

Memahami Mata Uang Kripto

Anda mungkin sering mendengar tentang koin kripto atau token kripto. Tapi apa sebenarnya mereka? Crypto coin atau token kripto adalah jenis aset digital yang dibuat menggunakan teknologi blockchain.

Di ekosistem kripto, mereka biasanya digunakan untuk diperdagangkan atau investasi dan digunakan sebagai alat tukar.

Misalnya, mata uang kripto pertama dan paling terkenal yang dibuat pada tahun 2009 adalah Bitcoin.

Beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang token atau koin kripto ini.

Karena blockchain adalah teknologi baru, Anda harus belajar bagaimana menyimpan koin atau token Anda dengan aman.

Kedua, Anda harus benar-benar waspada karena volatilitas atau kenaikan harga token atau koin sangat tinggi dalam waktu yang singkat.

Terakhir, sebelum berinvestasi pada koin atau token tertentu, Anda harus melakukan penyelidikan mendalam, seperti halnya dengan investasi lainnya. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi harga koin atau token tersebut, penting untuk memahami teknologi di baliknya.

Bagaimana Trading Berfungsi?

Anda pasti ingin tahu bagaimana mendapatkan keuntungan dari teknologi baru ini setelah belajar tentang blockchain dan aset kripto. Salah satu cara yang paling umum untuk melakukannya adalah dengan perdagangan aset kripto.

Ketika melakukan jual-beli aset kripto, kebanyakan orang mengambil keuntungan jangka pendek; trader profesional masuk dan keluar pasar dengan cepat. Namun, bagaimana mereka tahu kapan masuk dan keluar pasar?

Ini dapat dicapai dengan mempelajari analisa teknikal dan fundamental, yang sama seperti perdagangan saham atau forex. Analis teknikal mencari peluang untuk menghasilkan keuntungan dengan melihat grafik, sejarah harga, dan data pasar lainnya. Namun, analisis fundamental berfokus pada prospek dan kemajuan aset kripto.

Apakah analisis ini mudah dilakukan? Banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan mempelajarinya bisa memakan waktu yang lama.

Baca Juga : Pelaku Usaha: Industri Kripto Indonesia Tidak Sehat

Bagaimana Cara Menjalankan Investasi Kripto?

Apakah lebih menguntungkan untuk investasi daripada jual-beli aset kripto? Karena teknologi blockchain dasar masih dalam tahap awal, investasi kripto menawarkan peluang pertumbuhan jangka panjang yang besar.

Kedua, dengan berinvestasi dalam kripto, kita dapat mengurangi risiko dengan diversifikasi portofolio investasi kita.

Terakhir, investasi kripto memungkinkan inovasi dan peluang di sektor keuangan digital. Teknologi blockchain telah mengubah cara pembayaran dan transaksi terjadi, dan ini dapat memberikan manfaat besar bagi ekonomi digital di masa depan.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa investasi selalu melibatkan risiko; oleh karena itu, lakukan penelitian dan kelola risiko dengan hati-hati sebelum melakukan investasi. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *