Diproyeksikan Bahwa Tahun 2024 Akan Menjadi Momentum Kebangkitan Industri Kripto

oleh -90 Dilihat
Mata Uang Kripto
Ilustrasi Mata Uang Kripto

Reku Banner1 jpg
Tabloid Crypto – Jumlah investor kripto menurun. Sebagaimana ditunjukkan oleh data yang dikumpulkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), pertumbuhannya terus-menerus di bawah 1% sejak Oktober 2022.

Oscar Darmawan, CEO Indodax, mengatakan bahwa penurunan ini disebabkan oleh penetapan PPN pada aset kripto sebesar 0,11% dari tarif PPN umum per 1 maret 2022. Selain itu, biaya bursa, depository, dan kliring tambahan sebesar 0,02% akan dikenakan untuk transaksi yang menggunakan aset kripto.

Baca Juga : Bitcoin Bertengger di Level US$ 40 Ribu, Pasar Kripto Menguat

Menurut Oscar, peningkatan biaya dapat menyebabkan investor memilih bertransaksi di luar negeri karena industri kripto di Indonesia kalah bersaing.

Diharapkan transaksi di industri kripto akan dibebaskan dari PPN seperti perdagangan saham, yang akan menarik minat masyarakat kembali yang dapat meningkatkan jumlah investor aset kripto di Indonesia.

Pada Jumat (1/12), dia menyatakan bahwa seiring dengan peningkatan jumlah investor, jumlah transaksi aset kripto di Indonesia juga akan meningkat, yang dapat meningkatkan persaingan industri kripto lokal dengan industri kripto asing.

Di tengah pelemahan nasional, Oscar mengakui bahwa Indodax juga mengalami koreksi. Meskipun demikian, jumlah total transaksi pada bulan Oktober meningkat hampir setengah kali lipat dibandingkan dengan bulan September, menurut tren bulanan.

Sementara itu, jumlah investor terus meningkat, yang telah mencapai hampir 6 juta member sepanjang tahun ini.Ini juga sejalan dengan kemajuan industri kripto di Indonesia. Pada bulan Oktober 2023, jumlah investor tumbuh 0,84% MoM menjadi 18,06 juta, dan nilai transaksi juga tumbuh 31,9% MoM menjadi 10,5 triliun.

Perkembangan ini menumbuhkan harapan untuk masa depan industri kripto yang cerah. Periode halving Bitcoin juga menarik karena memberi para trader yang ingin berinvestasi dalam aset kripto kesempatan yang bagus.

Baca Juga : Dalam Satu Bulan, Whale Crypto Misterius ini Mengumpulkan 12.000 BTC, atau Sekitar 7 Miliar Rupiah!

Selain itu, banyak sentimen, baik positif maupun negatif, berdampak besar pada nilai aset kripto, terutama terkait dengan persetujuan ETF Bitcoin. Ia juga percaya bahwa tahun depan akan menjadi titik balik bagi industri kripto.

Oscar menambahkan, “Industri kripto akan menghadapi halving bitcoin, dan ETF Spot Bitcoin juga diprediksi diluncurkan tahun depan, serta adanya spot EFT Bitcoin ini dapat membantu menstabilkan tingkat fluktuasi aset kripto.” (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Verifikasi Data Indodax Cara Membuat Wallet dan Deposit di Indodax 6

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *