Mengenal Koin Kripto Bitcoin Cash (BCH): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

oleh -158 Dilihat
Bitcoin Cash
Ilustrasi Mengenal Koin Kripto Bitcoin Cash (BCH): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Reku Banner1 jpg

Tabloid Crypto – Koin kripto atau cryptocurrency telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu koin kripto yang paling terkenal adalah Bitcoin, tetapi tahukah Anda bahwa ada juga koin kripto lain yang bernama Bitcoin Cash (BCH)?

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang koin kripto Bitcoin Cash, termasuk apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungannya.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Chainlink (LINK): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Apa itu Bitcoin Cash (BCH)?

Bitcoin Cash (BCH) adalah salah satu koin kripto yang diciptakan pada tahun 2017 sebagai hasil dari hard fork dari Bitcoin. Hard fork adalah proses di mana sebuah koin kripto dibagi menjadi dua koin yang berbeda karena adanya perbedaan pendapat di antara para pengembangnya. Hard fork Bitcoin Cash terjadi karena para pengembang Bitcoin tidak sepakat tentang cara meningkatkan kapasitas transaksi Bitcoin yang semakin lambat.

Bitcoin Cash memiliki banyak kesamaan dengan Bitcoin, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Salah satu perbedaan utama adalah ukuran blok yang lebih besar, yang memungkinkan lebih banyak transaksi untuk diproses dalam satu blok. Ini membuat Bitcoin Cash lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan daripada Bitcoin.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin Cash (BCH)?

Bitcoin Cash menggunakan teknologi blockchain yang sama dengan Bitcoin. Blockchain adalah sebuah buku besar digital yang mencatat semua transaksi yang dilakukan dengan koin kripto tersebut. Setiap kali ada transaksi baru, informasi tentang transaksi tersebut ditambahkan ke blockchain dan diverifikasi oleh jaringan pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Proses verifikasi ini dilakukan oleh para penambang, yang menggunakan komputer mereka untuk memecahkan teka-teki matematika yang rumit. Setiap kali teka-teki tersebut berhasil dipecahkan, penambang akan menerima sejumlah Bitcoin Cash sebagai imbalan. Proses ini juga memvalidasi transaksi yang dilakukan, sehingga memastikan bahwa tidak ada transaksi yang palsu atau duplikat.

Apa Keuntungan Menggunakan Bitcoin Cash (BCH)?

Salah satu keuntungan utama menggunakan Bitcoin Cash adalah kecepatan dan biaya transaksi yang lebih rendah. Dengan ukuran blok yang lebih besar, Bitcoin Cash dapat memproses lebih banyak transaksi dalam satu waktu, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi. Selain itu, biaya transaksi yang lebih rendah juga membuat Bitcoin Cash lebih menarik bagi para pengguna yang ingin melakukan transaksi dengan jumlah yang lebih kecil.

Selain itu, Bitcoin Cash juga menawarkan keamanan yang lebih baik daripada metode pembayaran tradisional. Karena menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi, tidak ada satu pihak yang mengendalikan atau memegang kendali atas transaksi yang dilakukan. Ini membuat Bitcoin Cash lebih aman dari risiko kecurangan atau manipulasi.

Kesimpulan

Bitcoin Cash (BCH) adalah salah satu koin kripto yang menarik untuk dipelajari dan digunakan. Dengan kecepatan dan biaya transaksi yang lebih rendah, serta keamanan yang lebih baik, Bitcoin Cash menawarkan alternatif yang menarik bagi para pengguna yang ingin menggunakan koin kripto sebagai metode pembayaran. (red/tc)

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Polkadot (DOT): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

FAQs

  1. Apakah Bitcoin Cash sama dengan Bitcoin?
    Tidak, Bitcoin Cash adalah hasil dari hard fork dari Bitcoin dan memiliki beberapa perbedaan utama, termasuk ukuran blok yang lebih besar.
  2. Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin Cash?
    Anda dapat membeli Bitcoin Cash di bursa kripto atau menerima sebagai pembayaran untuk barang atau jasa yang Anda tawarkan.
  3. Apakah Bitcoin Cash aman?
    Ya, Bitcoin Cash menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi, sehingga lebih aman dari risiko kecurangan atau manipulasi.
  4. Apakah Bitcoin Cash dapat digunakan di seluruh dunia?
    Ya, Bitcoin Cash dapat digunakan di seluruh dunia karena tidak terikat oleh batasan geografis.
  5. Apakah Bitcoin Cash dapat dijadikan sebagai investasi?
    Seperti halnya dengan koin kripto lainnya, nilai Bitcoin Cash dapat berfluktuasi secara signifikan, sehingga perlu dilakukan penelitian yang cermat sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Berlangganan Tabloid Crypto

Reku

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *