Mengenal Koin Kripto Dai (DAI): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

oleh -144 Dilihat
Mengenal Koin Kripto Dai DAI
ILustrasi Mengenal Koin Kripto Dai (DAI): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

digital exchange banner2 jpg

Tabloid Crypto – Koin kripto atau cryptocurrency telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu koin kripto yang menarik perhatian adalah Dai (DAI).

Koin kripto Dai (DAI) adalah salah satu koin kripto yang menarik perhatian karena stabilitas nilainya yang unik. DAI adalah salah satu koin kripto yang berbeda dari yang lain karena nilainya tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang koin kripto Dai, bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungannya.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Litecoin (LTC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Apa itu Dai?

Dai adalah koin kripto yang dikeluarkan oleh protokol MakerDAO. DAI adalah salah satu koin kripto yang berbeda dari yang lain karena nilainya tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar. Hal ini berbeda dengan koin kripto lainnya seperti Bitcoin atau Ethereum yang nilainya sangat fluktuatif. DAI didesain untuk memiliki nilai yang tetap sebesar 1 Dolar AS.

Sejarah singkat Dai

Dai diluncurkan pada tahun 2017 oleh MakerDAO, sebuah organisasi yang berfokus pada pengembangan teknologi blockchain. MakerDAO didirikan pada tahun 2014 oleh Rune Christensen dan telah mendapatkan investasi dari berbagai perusahaan besar seperti Andreessen Horowitz dan Polychain Capital.

Perbedaan Dai dengan koin kripto lainnya

Salah satu perbedaan utama Dai dengan koin kripto lainnya adalah stabilitas nilainya. Hal ini membuat Dai lebih cocok digunakan sebagai alat pembayaran dan penyimpanan nilai daripada koin kripto lainnya yang nilainya sangat fluktuatif. Selain itu, Dai juga didukung oleh aset kripto lainnya, sehingga nilainya tidak tergantung pada satu aset saja.

Bagaimana Cara Kerja Dai?

Dai bekerja berdasarkan sistem stabilcoin, yang berarti nilainya tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar. Hal ini dicapai melalui konsep colateralization, di mana Dai didukung oleh aset kripto lainnya seperti Ethereum. Proses pembuatan dan penghapusan Dai juga dilakukan melalui smart contract, yang memungkinkan transaksi yang cepat dan aman.

Keuntungan Menggunakan Dai

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Dai, antara lain:

  1. Stabilitas nilai
    Dai memiliki nilai yang tetap sebesar 1 Dolar AS, sehingga tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar. Hal ini membuat Dai lebih cocok digunakan sebagai alat pembayaran dan penyimpanan nilai.
  2. Transaksi yang cepat dan murah
    Dai didukung oleh teknologi blockchain yang memungkinkan transaksi yang cepat dan murah. Hal ini membuat Dai lebih efisien digunakan dalam transaksi sehari-hari.
  3. Tidak ada biaya tambahan
    Tidak seperti transaksi menggunakan mata uang fiat, penggunaan Dai tidak dikenakan biaya tambahan seperti biaya konversi mata uang atau biaya transaksi internasional.
  4. Akses global
    Dai dapat digunakan di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi internasional tanpa harus khawatir tentang fluktuasi nilai mata uang.
  5. Keamanan dan privasi
    Dai didukung oleh teknologi blockchain yang aman dan transparan. Selain itu, pengguna juga dapat mempertahankan privasi mereka karena transaksi menggunakan Dai tidak terhubung dengan identitas pengguna.

Bagaimana Cara Mendapatkan Dai?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Dai, antara lain:

  1. Membeli dari bursa kripto
    Salah satu cara termudah untuk mendapatkan Dai adalah dengan membelinya dari bursa kripto seperti Binance atau Coinbase.
  2. Menggunakan layanan penukaran
    Anda juga dapat menukarkan koin kripto lainnya dengan Dai menggunakan layanan penukaran seperti Changelly atau ShapeShift.
  3. Menggunakan layanan peer-to-peer
    Anda juga dapat membeli Dai langsung dari pengguna lain melalui layanan peer-to-peer seperti LocalCryptos atau Paxful.
  4. Menggunakan layanan DeFi
    Dai juga dapat diperoleh melalui layanan DeFi (Decentralized Finance) seperti Compound atau Aave dengan cara menyimpan aset kripto lainnya sebagai colateral.

Risiko yang Perlu Diperhatikan

Seperti halnya dengan investasi lainnya, penggunaan Dai juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Volatilitas pasar
    Meskipun nilai Dai tetap stabil, aset kripto yang mendukung Dai masih terpengaruh oleh volatilitas pasar. Hal ini dapat mempengaruhi nilai Dai secara tidak langsung.
  2. Risiko keamanan
    Seperti halnya dengan koin kripto lainnya, penggunaan Dai juga memiliki risiko keamanan seperti serangan hacker atau kehilangan akses ke akun.
  3. Risiko likuiditas
    Dai masih merupakan koin kripto yang relatif baru, sehingga likuiditasnya masih terbatas. Hal ini dapat mempengaruhi kemudahan dalam menukarkan Dai dengan mata uang fiat.
  4. Risiko regulasi
    Koin kripto masih belum diatur secara resmi oleh pemerintah, sehingga ada risiko regulasi yang dapat mempengaruhi penggunaan Dai di masa depan.

Kesimpulan

Dai adalah salah satu koin kripto yang menarik perhatian karena stabilitas nilainya yang unik. DAI adalah salah satu koin kripto yang berbeda dari yang lain karena nilainya tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar. Dai dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan penyimpanan nilai yang efisien dan aman. (red/tc)

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Polygon (MATIC): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

FAQ

  1. Apa itu Dai?
    Dai adalah koin kripto yang dikeluarkan oleh protokol MakerDAO yang memiliki nilai yang tetap stabil.
  2. Bagaimana cara kerja Dai?
    Dai bekerja berdasarkan sistem stabilcoin dan menggunakan konsep colateralization serta smart contract.
  3. Apa keuntungan menggunakan Dai?
    Keuntungan menggunakan Dai antara lain stabilitas nilai, transaksi yang cepat dan murah, dan akses global.
  4. Bagaimana cara mendapatkan Dai?
    Dai dapat diperoleh melalui pembelian di bursa kripto, layanan penukaran, dan aplikasi DeFi.
  5. Apa risiko yang perlu diperhatikan saat menggunakan Dai?
    Risiko yang perlu diperhatikan saat menggunakan Dai antara lain volatilitas pasar, risiko keamanan, dan risiko likuiditas.

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *