Pasar Aset Kripto Berpotensi Turun Lebih Lanjut Karena Euforia ETF Bitcoin Spot Memudar

oleh -208 Dilihat
843234955p
Ilustrasi Mata Uang Kripto

Reku Banner jpg

Tabloid Crypto – Rasa euforia tentang ETF Bitcoin spot telah mereda. Pekan ketiga Januari 2024 menyaksikan kesulitan bagi pasar kripto dan Bitcoin.

Sejak Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS menyetujui beberapa ETF Bitcoin spot pada Rabu (10/1) pekan lalu, kegembiraan di pasar kripto secara bertahap menurun.

Fyqieh Fachrur, seorang trader Tokocrypto, melihat semakin banyak investor kripto yang bersiap menghadapi dampak halving Bitcoin yang akan terjadi pada bulan April mendatang.

Baca Juga : Harga Bitcoin (BTC) Mungkin Menurun hingga $34.000 dalam Beberapa Bulan Mendatang

Pelaku pasar kripto telah mengubah portofolio mereka setelah kinerja yang luar biasa dalam beberapa bulan sebelumnya sebagai akibat dari hype ETF Bitcoin yang mulai berkurang. Mulai menghasilkan keuntungan dan tunggu perasaan baru.

Menurut Fyqieh, juga ada penurunan Bitcoin di bawah level harga US$42.000 pada akhir pekan ini. Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta, Raphael Bostic, membuat pernyataan yang lebih hawkish, yang menyebabkan penurunan harga Bitcoin.

“Bitcoin mengalami koreksi sebagai respons terhadap pandangan Bostic yang menyarankan pemotongan suku bunga pada akhir, bukan awal tahun 2024,” kata Fyqieh dalam penelitian yang dibagikan pada Jumat (19/1).

Fyqieh menjelaskan bahwa setelah komentar Bostic, yang memberikan tekanan pada Bitcoin, indeks dolar AS (DXY) naik. Bostic mengatakan bahwa harus hati-hati dengan penurunan suku bunga karena dampak ekonomi dari peristiwa yang sulit diprediksi, seperti pemilu dan konflik global.

Namun, suku bunga acuan diperkirakan tidak akan diubah oleh Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang akan datang. Karena itu, komentar Bostic menjadi penutup dari para pejabat Federal Reserve sebelum pertemuan yang akan diadakan pada 30-31 Januari, menimbulkan ketidakpastian di pasar.

Selain itu, berita bahwa investor Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) terus mengambil keuntungan meningkatkan tekanan pada Bitcoin. Selain itu, bagi investor, berita buruk bahwa SEC secara resmi menunda pengambilan keputusan tentang aplikasi Fidelity Ethereum ETF spot.

Fyqieh menyatakan bahwa pasar memperkirakan SEC akan menunda persetujuan ETF Ethereum spot. Berbeda dengan BTC, SEC menganggap ETH sebagai keamanan, sehingga kemungkinan persetujuan jangka pendek berkurang. Selain itu, kemungkinan persetujuan ETF Ethereum spot pada bulan Mei dianggap terbatas, dengan JPMorgan menilai kemungkinan kurang dari 50%.

Menurut Fyqieh, Crypto Fear & Greed Index telah turun ke level Neutral dari Greed pada Jumat (19/1). Indeks tersebut menunjukkan bahwa pelaku pasar tidak lagi ingin melakukan aksi akumulasi. Investor mungkin harus berhati-hati saat indeks ini turun.

Dia memperkirakan bahwa kondisi pasar akhir pekan ini akan meningkatkan tekanan pada Bitcoin, yang mungkin mengalami fase konsolidasi dan koreksi menjelang rapat FOMC di akhir Januari. Oleh karena itu, para pelaku pasar harus mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dengan hati-hati saat membuat keputusan investasi.

Harga Bitcoin berada di posisi US$41,359 pada Jumat (19/1) pukul 17.30 WIB, menurut Coinmarketcap. Dalam 24 jam, harga BTC turun 3,10% dan mengalami koreksi 9,87% selama tujuh hari terakhir.

Baca Juga : Tarif Pajak Kripto yang Sesuai untuk Indonesia Dijelaskan oleh Asosiasi

Menurut Fyqieh, Bitcoin saat ini berada di bawah level support US$ 42.000. Jika Bitcoin gagal kembali ke level tersebut, maka Bitcoin dapat menghadapi ujian berat pada area US$ 40.000. Namun, permintaan pembeli yang kuat sebesar US$ 40.000 dapat menandakan dimulainya reli baru.

Menurut analisis teknikal, indikator indikasi Stochastic melemah di bawah area centerline, dan histogram MACD bar berada dalam momentum bearish yang terbatas. Ini menunjukkan bahwa tren penurunan Bitcoin masih akan berlanjut dalam jangka pendek. Namun, jika Bitcoin berhasil kembali ke level US$42.000, ada kemungkinan untuk kembali ke resistance US$44.500. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

535489c6958f1f6618a79c2c9419eaa1 1

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Responses (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *