Perkembangan Terbaru: VanEck Mengajukan Solana ETF dan Dampaknya pada Harga Bitcoin

oleh -153 Dilihat
Perkembangan Terbaru VanEck Mengajukan Solana ETF dan Dampaknya pada Harga Bitcoin
Ilustrasi Perkembangan Terbaru: VanEck Mengajukan Solana ETF dan Dampaknya pada Harga Bitcoin

digital exchange banner2 jpg

Tabloid Crypto – Pada hari-hari terakhir, dunia kripto disibukkan dengan kabar terkait pengajuan spot ETF Solana oleh VanEck. Langkah ini telah menciptakan gelombang kejutan di sektor kripto dan memberikan dampak signifikan terhadap pasar.

Sebagai respons terhadap perkembangan ini, harga Bitcoin melonjak melebihi $62,000, sementara Solana juga mengalami kenaikan hampir 10%. Perbaikan harga ini juga memicu aliran dana masuk ke sektor spot Bitcoin ETF.

Baca Juga : Pengaktifan Kembali Dompet Bitcoin Lama: Dampaknya Terhadap Pasar Kripto

Status Terkini ETF Bitcoin Spot

Pada hari sebelumnya, total aliran dana masuk ke ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat mencapai $11,8 juta, meskipun angka ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Satu-satunya ETF yang mencatat aliran dana keluar adalah ETF Bitcoin milik Grayscale, dengan jumlah aliran keluar sebesar $11 juta. Meskipun demikian, dengan adanya aliran dana masuk ke ETF lainnya, hari tersebut berakhir dengan sentimen positif.

Menariknya, tidak terdapat aliran dana masuk ke BlackRock pada hari tersebut. Hal yang sama terjadi pada hari sebelumnya, di mana ETF yang sama juga tidak mencatat aliran dana masuk. Dengan kembali tercatatnya aliran dana masuk nol, ETF Bitcoin spot lainnya menjadi fokus perhatian.

btc etf 4

Aliran Dana Masuk Terbesar ke Bitwise

Aliran dana masuk terbesar dalam sektor spot Bitcoin ETF adalah sebesar $8 juta yang masuk ke dalam ETF Bitcoin Bitwise. Data SoSoValue menunjukkan bahwa Fidelity menempati posisi kedua dengan aliran dana masuk sebesar $7 juta.

Selain itu, Franklin mencatat aliran dana masuk sebesar $4 juta, diikuti oleh Invesco dengan $3 juta, dan Ark Invest dengan $2 juta. Sementara itu, ETF Bitcoin lainnya tidak mencatat aliran dana masuk dan berakhir dengan nol.

Harga Bitcoin Saat Ini

Saat tulisan ini dibuat, harga Bitcoin berada pada kisaran $61,518. Dalam 24 jam terakhir, Bitcoin mencapai titik tertinggi sebesar $62,389. Pergerakan harga BTC terlihat kembali stabil dalam rentangnya.

Salah satu faktor penting yang mendukung kenaikan harga Bitcoin adalah penurunan suku bunga The Fed. Meskipun demikian, pemangkasan suku bunga diperkirakan akan terjadi pada bulan Desember.

Baca Juga : Proses Persetujuan Spot Ethereum ETF: Tinjauan Ketua SEC Gary Gensler

Pada tahun sebelumnya, pemangkasan suku bunga diantisipasi pada bulan Mei dan Juni 2024, namun jadwalnya telah bergeser sekitar 6-7 bulan. Hal ini mengindikasikan bahwa musim kenaikan harga Bitcoin dan mata uang kripto mungkin akan mengalami penundaan atau perpanjangan.

Dengan perkembangan terbaru ini, pasar kripto terus menunjukkan dinamika yang menarik. Tetap pantau berita terkini untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tren harga Bitcoin dan sektor kripto secara keseluruhan. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *