Mengenal Koin Kripto USDC: Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

oleh -155 Dilihat
Mengenal Koin Kripto USDC
Ilustrasi Mengenal Koin Kripto USDC: Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

digital exchange banner2 jpg

Tabloid Crypto – Koin kripto atau cryptocurrency telah menjadi topik yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu koin kripto yang semakin banyak diperbincangkan adalah USDC. Namun, masih banyak orang yang belum mengenal koin kripto ini dengan baik.

Jadi, apa sebenarnya USDC? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa keuntungannya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Tether (USDT): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

Apa itu USDC?

USDC adalah singkatan dari USD Coin, yang merupakan salah satu koin kripto yang berbasis pada dolar Amerika Serikat. Koin ini diluncurkan pada tahun 2018 oleh perusahaan yang bernama Centre, yang merupakan kerjasama antara Circle dan Coinbase. USDC didukung oleh dolar AS secara penuh, yang berarti bahwa setiap koin USDC yang beredar dijamin oleh dolar AS yang sesuai.

USDC adalah salah satu koin kripto yang termasuk dalam kategori stablecoin, yang berarti nilainya tetap stabil dan tidak terpengaruh oleh volatilitas pasar seperti koin kripto lainnya. Hal ini membuat USDC menjadi pilihan yang menarik bagi para investor yang ingin menghindari risiko yang tinggi.

Bagaimana cara kerja USDC?

USDC bekerja dengan menggunakan teknologi blockchain, yang merupakan teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh koin kripto lainnya. Namun, yang membedakan USDC adalah bahwa setiap koinnya didukung oleh dolar AS yang sesuai. Ini berarti bahwa setiap kali seseorang membeli USDC, mereka harus menukarkan dolar AS mereka dengan koin USDC yang sesuai.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan USDC dicatat di dalam blockchain, yang merupakan buku besar digital yang terdesentralisasi. Ini berarti bahwa setiap transaksi tidak dapat diubah atau dimanipulasi oleh pihak lain. Hal ini membuat USDC menjadi salah satu koin kripto yang aman dan transparan.

Apa keuntungan menggunakan USDC?

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan USDC adalah stabilitas nilainya. Koin ini didukung oleh dolar AS secara penuh, yang berarti bahwa nilainya tidak akan berfluktuasi seperti koin kripto lainnya. Hal ini membuat USDC menjadi pilihan yang menarik bagi para investor yang ingin menghindari risiko yang tinggi.

Selain itu, USDC juga menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem pembayaran tradisional seperti kartu kredit atau transfer bank. Hal ini membuat USDC menjadi pilihan yang lebih efisien dan hemat biaya bagi para pengguna.

USDC juga menawarkan keamanan yang tinggi karena menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi. Setiap transaksi dicatat di dalam blockchain dan tidak dapat diubah atau dimanipulasi oleh pihak lain. Hal ini membuat USDC menjadi salah satu koin kripto yang aman dan transparan.

Bagaimana cara mendapatkan USDC?

Untuk mendapatkan USDC, Anda dapat membelinya di platform pertukaran kripto seperti Coinbase, Binance, atau Kraken. Anda juga dapat membeli USDC dengan menukarkan dolar AS Anda dengan koin USDC yang sesuai.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh USDC dengan melakukan aktivitas yang disebut “staking”. Staking adalah proses memegang koin kripto tertentu untuk mendapatkan imbal hasil. Dengan melakukan staking pada USDC, Anda dapat memperoleh imbal hasil yang lebih tinggi daripada hanya menyimpan dolar AS di bank.

Kesimpulan

USDC adalah salah satu koin kripto yang semakin populer karena stabilitas nilainya yang didukung oleh dolar AS secara penuh. Koin ini bekerja dengan menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi dan menawarkan keuntungan seperti biaya transaksi yang lebih rendah dan keamanan yang tinggi. Anda dapat memperoleh USDC dengan membelinya di platform pertukaran kripto atau dengan melakukan staking. Dengan semakin banyaknya pengguna dan keuntungan yang ditawarkan, USDC dapat menjadi salah satu koin kripto yang menarik untuk ditambahkan dalam portofolio investasi Anda.

Baca Juga : Mengenal Koin Kripto Dai (DAI): Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Keuntungannya?

FAQs

  1. Apakah USDC aman untuk digunakan?
    USDC menggunakan teknologi blockchain yang terdesentralisasi, yang membuatnya menjadi salah satu koin kripto yang aman dan transparan.
  2. Apakah nilai USDC akan berfluktuasi seperti koin kripto lainnya?
    Tidak, karena USDC didukung oleh dolar AS secara penuh, nilainya tidak akan berfluktuasi seperti koin kripto lainnya.
  3. Bagaimana cara mendapatkan USDC?
    Anda dapat membelinya di platform pertukaran kripto atau dengan melakukan staking.
  4. Apakah USDC dapat digunakan untuk pembayaran?
    Ya, USDC dapat digunakan untuk pembayaran di beberapa platform dan toko online.
  5. Apakah USDC dapat ditukarkan kembali dengan dolar AS?
    Ya, Anda dapat menukarkan USDC dengan dolar AS di platform pertukaran kripto yang mendukungnya.

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *