CoinsPaid Platform Pembayaran Kripto Diretas, Mengalami Rugi Rp 116,5 Miliar

oleh -215 Dilihat
843234955p
Ilustrasi Mata Uang Kripto

1599719601191

Tabloid Crypto – Perusahaan keamanan Web3 Cyvers melaporkan bahwa platform pembayaran kripto CoinsPaid mengalami peretasan kedua dalam enam bulan terakhir. Perusahaan melaporkan transaksi tidak sah senilai hampir USD 7,5 juta, atau setara Rp 116,5 miliar, dengan asumsi kurs Rp 15.538 per dolar AS.

Cyvers menemukan beberapa transaksi tidak teratur pada 6 Januari, yang menyebabkan penarikan aset digital senilai USD 6,1 juta, atau setara Rp 94,7 miliar, di Tether (USDT), Ether (ETH), USD Coin (USDC), dan token asli CPD CoinsPaid, menurut laporan Yahoo Finance pada Selasa (9/1/2024).

Baca Juga : BITCOIN ETF Melihat Peluang Penolakan SEC 5%; Optimisme Meningkat

Penyerang memindahkan dana ke akun milik eksternal (EOA) dan bursa kripto ChangeNOW, MEXC, dan WhiteBit. Mereka juga menukar sekitar 97 juta token CPD dengan ETH, yang setara dengan Rp 5,7 miliar.

Setelah analisis tambahan yang dilakukan oleh Cyvers, ditemukan bahwa ada transaksi tidak sah yang melibatkan BNB yang bernilai lebih dari USD 1 juta, atau setara Rp 15,5 miliar. Dengan demikian, jumlah total yang dicuri hampir mencapai USD 7,5 juta.

Mengklaim telah memproses lebih dari 19 miliar euro transaksi kripto, CoinsPaid mengalami pelanggaran keamanan lagi pada Juli 2023, yang mengakibatkan pencurian lebih dari USD 37 juta, atau setara Rp 574,9 miliar.

Baca Juga : Kripto Meningkat, 95% ETF Bitcoin Spot Pasti Disetujui!

Perusahaan tersebut menuduh Grup Lazarus, yang didukung oleh Korea Utara, atas peristiwa tersebut. Perusahaan menuduh kelompok tersebut menggunakan wawancara kerja palsu untuk mengelabui seorang karyawan agar mengunduh kode berbahaya, yang memungkinkan penyerang mengakses infrastruktur CoinsPaid.

Diduga bahwa grup Lazarus bertanggung jawab atas beberapa peretasan kripto yang terjadi pada tahun 2023. TRM Labs, perusahaan intelijen blockchain, melaporkan bahwa kelompok tersebut mencuri setidaknya USD 600 juta, atau setara Rp 9,3 triliun, dalam kripto tahun lalu. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

Luno Banner1 jpg

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Responses (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *