7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi dalam Aset Kripto

oleh -1145 Dilihat
Koin Kripto
Ilustrasi Kripto

indodax bitcoin indonesia blotspot dot coms

Tabloid Crypto – Jenis aset baru yang sedang populer di seluruh dunia adalah cryptocurrency, juga dikenal sebagai aset crypto. Bahkan, dari negara maju seperti Amerika Serikat hingga negara-negara berkembang seperti Brazil, Indonesia, dan El Salvador, industri aset kripto menjadi katalis untuk munculnya industri baru yang berfokus pada teknologi blockchain, Web3, dan ekosistem finansial berbasis digital.

Banyak orang di Indonesia mulai berinvestasi pada aset kripto. Jumlah investor crypto di Indonesia pada tahun 2023 adalah 18,51 juta, menurut Bappebti. Namun, Anda harus berhati-hati apabila ingin berinvestasi pada aset kripto. Apabila Anda berinvestasi tanpa persiapan, Anda dapat kehilangan banyak modal. Apa yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi dalam aset crypto? Bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kripto? Ini akan dibahas secara menyeluruh dalam artikel ini.

Baca Juga : Apa itu Non-Fungible Token atau NFT?

Ringkasan Artikel

  • ūü™ô Aset¬†crypto¬†adalah mata uang digital yang diamankan menggunakan teknologi¬†blockchain¬†dan kriptografi. Berbeda dengan mata uang yang biasa kita gunakan, aset¬†crypto¬†tidak dikontrol oleh siapapun, entah itu negara atau perusahaan yang menciptakannya.
  • ūüöÄ Pasar¬†crypto¬†yang relatif baru membuat dinamikanya bergerak secara cepat di mana banyak proyek baru bermunculan. Kondisi pasar seperti ini memberikan kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan besar bagi investor dan¬†trader¬†yang memahami cara memanfaatkannya.
  • ūüóíÔłŹ Apabila kamu baru memasuki dunia investasi aset¬†crypto, kamu perlu mempelajari berbagai hal dasar dari aset¬†crypto¬†agar tidak mengalami kerugian besar dari awal. Kamu bisa memulai dari mengenal istilah-istilah dasar¬†crypto, mengerti prinsip pasar¬†crypto, membaca dan meneliti sendiri berbagai aset¬†crypto, dan terakhir memulai perjalanan investasimu secara perlahan.

Apa sebenarnya aset kripto?

Mata uang digital yang dilindungi melalui teknologi blockchain dan kriptografi dikenal sebagai aset crypto. Semua aset kripto bersifat digital, sehingga tidak ada negara atau perusahaan yang menciptakannya. Berbeda dengan mata uang biasa kita gunakan, teknologi di balik aset crypto juga membuatnya tidak terbatas oleh batas negara. Di mana pun Anda berada, Anda dapat membeli, memindahkan, dan menjual aset kripto. Banyak orang akhirnya akan membeli dan menggunakan crypto karena semua hal di atas.

Selain itu, pasar aset kripto relatif baru, dan banyak proyek kripto muncul setiap tahun, sehingga bergerak begitu cepat. Karena dinamika pasar yang cepat, harga aset crypto dapat menghasilkan keuntungan hingga 100 hingga 1.000 persen, investor yang memahami kondisi pasar dapat memanfaatkan crypto untuk meningkatkan keuntungan mereka hingga berkali-kali lipat. Sebelum berinvestasi dalam aset kripto, berikut adalah delapan hal yang perlu diperhatikan.

1. Memahami Istilah Crypto

Saat Anda baru di dunia cryptocurrency, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami istilah-istilah dasar. Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda akan lebih memahami aset yang ingin Anda beli dan konsep dasar dari crypto. Selain itu, mereka akan membantu Anda terhindar dari penipuan dengan mengatasnamakan aset crypto, sengaja menyasar orang yang tidak tahu apa-apa tentang crypto.

Berikut adalah beberapa istilah penting dalam dunia crypto yang harus Anda ketahui:

Blockchain adalah teknologi penyimpanan data terdesentralisasi yang memungkinkan pembuatan aset kripto.

  • Blockchain: Blockchain¬†adalah teknologi yang memungkinkan aset¬†crypto¬†diciptakan. Ia adalah teknologi penyimpanan data terdesentralisasi.
  • Bitcoin: Bitcoin adalah aset¬†crypto¬†yang pertama kali diciptakan dan alasan mengapa industri¬†crypto¬†bisa sebesar sekarang. Selain itu, Bitcoin adalah aset¬†crypto¬†dengan nilai paling besar yang pergerakan harganya dapat mempengaruhi aset-aset¬†crypto¬†lainnya.
  • Altcoin:¬†Istilah yang digunakan untuk menyebutkan aset¬†crypto¬†lain selain Bitcoin.
  • Bearish-bullish:¬†Kedua istilah yang digunakan untuk menyebutkan¬†sentimen¬†pasar.¬†Bear/bearish=¬†kondisi pasar sedang negatif dan harga turun.¬†Bull/bullish=¬†kondisi pasar sedang bagus dan harga naik
  • HODL: Sebuah istilah populer dari kata¬†hold¬†yang artinya menyimpan dan tidak menjual aset¬†crypto¬†yang kamu punya meskipun harganya naik atau turun.
  • Whale:¬†Pemilik aset¬†crypto¬†dalam jumlah besar yang dapat mempengaruhi naik-turun harga¬†crypto.

2. Pasar Aset Kripto Sangat Dinamis

Volatilitas dan fluktuasi harga adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda pahami tentang pasar dan aset kripto. Berbeda dengan pasar saham dan aset lainnya, harga aset crypto biasanya naik dan turun dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat dan dalam jumlah yang kecil. Jika kenaikan harga dua puluh persen di pasar saham dianggap luar biasa, aset crypto dapat mengalami kenaikan dan penurunan harga seratus persen dalam waktu beberapa jam.

Oleh karena itu, Anda harus mengerti risiko besar yang terkait dengan berinvestasi dalam aset kripto. Berinvestasi dalam aset kripto memerlukan kesabaran ekstra untuk bisa menghadapi penurunan dan kenaikan harga yang signifikan. Investor kripto yang andal akan mengerti untuk tidak secara impulsif menjual ketika harga tiba-tiba turun dan untuk tidak mengalami FOMO saat harga tiba-tiba meningkat.

ūüí° Istilah FOMO berasal dari kata “takut ketinggalan”, yang berarti takut ketinggalan tren yang sedang populer. Dalam cryptocurrency, melawan FOMO berarti Anda tidak secara impulsif membeli aset hanya karena ia populer dan harganya naik. Orang yang membeli aset hanya karena FOMO biasanya akan mengalami kerugian.

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Ethereum?

3. Hindari Mempercayai Semua Informasi yang Diposting di Media Sosial

Saat Anda mulai mempelajari dunia kripto dan asetnya, Anda akan menemukan banyak informasi di sosial media yang mencakup berbagai topik, mulai dari pendidikan hingga rekomendasi finansial. Karena pembuat konten sering mencoba mempengaruhi pengikut atau pengikutnya untuk keuntungan pribadi, Anda harus berhati-hati saat menonton dan membaca konten seperti ini. Selain itu, banyak pembuat konten yang menerima pembayaran untuk mempromosikan aset crypto tertentu.

Kamu harus berusaha mencari sumber informasi crypto yang netral, membicarakan kekurangan dan kelebihan setiap aset secara imbang. Selain itu, usahakan untuk mencari sumber sebanyak mungkin agar kamu tidak terlalu terpengaruhi oleh satu informasi.

4. Perhatikan Penipuan

Meskipun pasar aset crypto relatif baru, itu menarik jutaan orang baru setiap tahunnya. Crypto rentan terhadap penipuan karena industrinya relatif baru dan banyaknya investor baru yang tidak terbiasa. Meskipun teknologi aset crypto aman, penjahat dan penipu masih bisa memanfaatkannya.

Phishing dengan menggunakan tautan dari e-mail atau media sosial adalah salah satu contoh paling umum. Selain itu, ada banyak penipu yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan besar dengan menawarkan bisnis manajemen aset crypto atau aset crypto. Jika Anda tertarik dengan dunia kripto, yang terbaik adalah mencoba sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Ingatlah bahwa aset crypto tidak akan menghasilkan uang segera. Proses belajar investasi aset crypto biasanya akan dimulai secara bertahap sampai Anda mampu membuat keputusan investasi secara mandiri pada akhirnya.

5. Melakukan Penelitian

Dalam dunia kripto, prinsip yang sering disebutkan adalah DYOR, yang berarti lakukan riset sendiri! Dorongan dari DYOR adalah agar setiap orang yang ingin berinvestasi dalam aset kripto melakukan penelitian sendiri dan tidak mengikuti orang lain. Artinya, kamu perlu membaca, bertanya, dan berbicara dengan orang lain untuk mendapatkan informasi tentang aset kripto yang ingin kamu beli.

Selain itu, Anda dapat mendapatkan informasi tentang crypto dari beberapa portal berita berikut:

  • Coin¬†Desk: Media aset¬†crypto¬†yang menyajikan berita terbaru dari dunia¬†crypto
  • Coin Telegraph: Portal berita¬†crypto¬†yang memiliki bagian¬†review¬†mingguan
  • Decrypt: Situs berita aset¬†crypto¬†yang sering membuat konten¬†in-depth
  • Coinvestasi: Portal berita dari Indonesia
  • Blockchain Media ID: Media aset¬†crypto¬†dari Indonesia

6. Mengenal Momentum

Dalam dunia investasi kripto, kecepatan dan ketersediaan waktu sangat penting. Dalam investasi crypto, prinsip buy low sell high sangat penting. Ketika Anda membeli sebuah aset, hal itu biasanya sama pentingnya, bahkan kadang-kadang lebih penting, daripada aset yang sebenarnya Anda beli. Salah satu contohnya adalah aset crypto DOGE, yang memiliki fundamental yang tidak cukup baik. Meskipun begitu, ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan keuntungan besar jika Anda membeli DOGE tepat setelah Elon Musk menyatakannya.

Pada dasarnya, terlepas dari fundamental dan potensi sebuah aset kripto, jika Anda membelinya pada harga paling tinggi, kemungkinan besar Anda akan merugi sejumlah besar uang. Sebaliknya, jika Anda membeli aset kripto dengan fundamental kuat pada harga rendah, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Untuk menggunakan strategi ini, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang konteks pasar crypto, termasuk tren bear dan bull, serta kemampuan untuk melakukan analisis teknikal yang baik. Pengalaman yang meningkat akan melengkapi semua ini.

Baca Juga : Altcoin: Alternatif Investasi Crypto Selain Bitcoin

7. Mulai dengan Strategi!

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat ingin berinvestasi dalam aset kripto adalah jumlah awal yang harus Anda investasikan. Bagi pemula yang baru memasuki dunia kripto, keputusan terbaik adalah memulainya secara perlahan dan dengan jumlah kecil. Ini merupakan elemen penting dalam manajemen resiko.

Kehilangan uang atau mengalami kerugian bisa menjadi pelajaran hidup yang bagus. Mulailah dengan investasi kecil dan gunakan “uang dingin”, atau uang yang telah kamu sisihkan dan tidak digunakan. Saat Anda sudah andal dan memahami kondisi pasar, Anda selalu dapat meningkatkan jumlah investasi Anda. DCA atau dollar-cost averaging, adalah salah satu strategi paling dasar dalam crypto. Strategi ini mirip dengan tabungan berjangka, di mana Anda selalu menambahkan nominal yang sama. Jika Anda ingin berinvestasi dalam aset kripto dalam jangka waktu satu tahun ke atas, ini akan cocok. (red/tc)

Berlangganan Tabloid Crypto

DEX LOGO BLUE HD

NAGA INTERIOR Banner 1 1 scaled

Tentang Penulis: Tabloid Crypto

MEDIA ONLINE KOMUNITAS CRYPTO

Responses (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *